Pengakuan 5 Seleb Hollywood Tentang Pelecehan Seksual yang Mereka Alami

By Debora Gracia, Rabu, 25 April 2018 | 00:00 WIB
(foto: nuevamujer.com) (Debora Gracia)

Enggak ada satu pun dari kita yang mau mengalami pelecehan seksual. Sayangnya, sering sekali korban pelecehan seksual menyimpan sendiri luka yang mereka alami, dengan alasan malu untuk menceritakan kepada orang lain. Padahal seharusnya, kalau kita mengalaminya, jangan malu untuk menceritakannya dan meminta pertolongan pada orang lain.

Seleb Hollywood enggak luput dari pelecehan seksual, tapi beberapa berani untuk speak up dan meminta keadilan. Bisa jadi inspirasi untuk kita.

Baru-baru ini, Cara meng-posting di Instagram pribadinya dan mengaku pernah mengalami pelecehan seksual Harvey Weinstein. Harvey adalah produser yang telah memproduksi banyak film Hollywood terkenal, seperti The King's Speech, Kill Bill, dan Silver Linings Playbook. Dalam post Instagram-nya, Cara mengaku mengalami pelecehan saat ia baru memulai karier aktingnya, sebelumnya Cara memang lebih dikenal sebagai model.

Awalnya, Cara mendapat telepon dari Harvey dengan perbincangan yang aneh. Selanjutnya, Cara mendapat perlakuan enggak menyenangkan saat diminta untuk ke kamar hotel oleh Harvey. Cara dipaksa untuk mencium gadis-gadis yang sudah ada di sana, ia juga hampir dicium oleh Harvey. Cara merasa hal itu sangat memalukan dan membuatnya sangat takut.

(Baca juga: Pengakuan Mengejutkan 7 Seleb Hollywood Tentang Mantan Mereka)

Bukan hanya Cara Delevingne, aktris papan atas Angelina Jolie pun mengaku pernah mendapat perlakuan enggak menyenangkan dari Harvey Weinstein. Angelina mengaku bahwa Harvey pernah mengajaknya tidur bersama dan meminta untuk memijat tubuhnya di kamar hotel. Angelina sangat takut menolak karena takut dikeluarkan dari proyek filmnya. Meski kejadian itu sudah lama berlalu, ternyata masih menyimpan trauma dalam diri Angelina.

(Baca juga: Penting! Lakukan 5 Hal Ini Kalau Kita Mengalami Pelecehan Seksual di Jalan atau Tempat Umum)

Korban Harvey Weinstein lainnya yang berani speak up ke publik adalah Gwyneth Paltrow. Pengakuan Gwyneth adalah Harvey memaksanya untuk melakukan perbuatan yang enggak diinginkan sewaktu ia bermain dalam film Shakespeare in Love, di mana Gwyneth meraih penghargaan Academy Award untuk film itu. Harvey memintanya untuk diam dan enggak memberitahu pada siapa pun. Dulu Gwyneth sempat takut untuk speak up, tapi setelah menceritakan semuanya, dia merasa jauh lebih lega. (Baca juga: 9 Bentuk Kekerasan Seksual yang Penting Untuk Kita Ketahui!)