8 Kebiasaan Sederhana Supaya Terhindar Dari Risiko Kanker

By Indra Pramesti, Sabtu, 2 Juni 2018 | 08:15 WIB
Yuk, ubah pola hidup mejadi lebih sehat supaya terhindar dari kanker! (Indra Pramesti)

Belum ada hal yang pasti bisa menghindarkan kita dari ancaman risiko kanker. Meski begitu, kebiasaan-kebiasaan sederhana yang kita lakukan sehari-hari ternyata berdampak besar terhadap berkurangnya kemungkinan terjangkit penyakit mematikan ini.

Yuk, cari kebiasaan-kebiasaan sederhana agar kita terkena risiko kanker.

(Baca juga: Cewek Wajib Tahu! Waspada Bahaya Bath Bomb Buat Vagina Kita)

Banyak banget risiko yang mengancam kesehatan seorang perokok termasuk yang paling berbahaya adalah kanker. Dilansir dari realsimple.com, Jenifer Ligiber, MD, seorang oncologist medis di Dana Farber Cancer Institute, Boston, mengatakan bahwa seseorang yang punya sejarah sebagai perokok, kemudian berhenti, ternyata kemungkinan untuk terkena ancaman risiko kanker akan menurun secara drastis.

Menurut Linda Nebeling, PhD, seorang direktur asosiasi National Cancer Institute, di Rockville, Maryland, obesitas membuat tubuh kita menjadi stres sehingga menurunkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang mati.

Para ahli juga menjelaskan bahwa secara umum seorang perempuan harus memiliki ukuran pinggang tidak lebih dari 31 inchi, dan tidak lebih dari 37 inchi untuk laki-laki.

Sebuah studi terbaru dari Jama Internal Medicine, menemukan bahwa berolahraga fisik secara teratur dapat mengurangi risiko 13 jenis kanker, termasuk kanker payudara dan endometrial, serta tumor pada kandung kemih, ginjal, usus, hati, dan paru-paru. 

Dengan mengubah pola diet yang lebih sehat, kita bisa memproduksi nutrisi dalam tubuh yang mampu membantu perbaikan sel-sel yang rusak yang bisa berakibat pada munculnya kanker.