Kenali Bahaya Toxic Shock Syndrome yang Mengancam Cewek Menstruasi

By Indra Pramesti, Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:30 WIB
Bahayanya bisa mengancam cewek mesntruasi! (Indra Pramesti)

Sebagai cewek yang setiap bulannya mengalami siklus menstruasi, membuat kita harus waspada dengan banyaknya ancaman kesehatan organ intim yang kita miliki. Salah satunya yang tidak banyak kita ketahui namun memiliki ancaman yang membahayakan untuk cewek yang menstruasi adalah Toxic Shock Syndrome (TSS).

Yuk, kenali fakta-fakta seputar bahaya Toxic Shock Syndrome yang bisa mengancam kita!

(Baca juga: Ternyata Selama Ini Kita Memakai Bra Dengan Salah. Berikut Cara yang Benar!)

TSS adalah kondisi fatal yang bisa terjadi akibat racun dari bakteri Staphylococcus aureus, yang ada di dalam tubuh cewek. TSS dapat mengancam cewek yang sedang menstruasi, terutama bagi mereka yang menggunakan tampon dengan daya serap tinggi.

Tubuh kita akan merespon dengan menurunnya tekanan darah secara drastis dan menyebabkan organ lain kehilangan oksigen. Keadaan ini bahkan bisa membahayakan nyawa kita.

TSS juga bisa disebabkan oleh gigitan serangga, bekas luka bakar yang terinfeksi, atau luka pada kulit. Jadi bisa disimpulkan kalau TSS juga bisa menyerang cowok.

Meski begitu, tampon adalah yang paling sering menjadi penyebab TSS. Dilansir dari seventeen.com, Sherry Ross MD, seorang ginekologis, menjelaskan bahwa tampon dengan daya serap tinggi yang dipakai di dalam vagina dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi tempat bakteri Stahp untuk berkembangbiak yang pada akhirnya menyebabkan pendarahan dan memicu TSS.

(Baca juga: Wajib Tahu! 6 Tanda Kram yang Tidak Wajar Saat Menstruasi)

Ternyata sering terjadi kesalahan saat mendiagnosa gejala awal TSS. Dokter sering salah dan mendiagnosa sebagai penyakit; demam, muntah, nyeri otot, sakit kepala, dan diare. Lalu gejala seperti apa yang membedakan TSS dengan penyakit lainnya?