Wajib Tahu! 6 Tipe Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Kanker Payudara

By Debora Gracia, Senin, 5 Februari 2018 | 04:19 WIB
Kita wajib tahu! (Debora Gracia)

Penyakit kanker payudara memang menyerang enggak pandang bulu, bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja.

Tetapi, ada beberapa orang tertentu yang memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi. Berikut 6 tipe orang yang berisiko tinggi terkena kanker payudara.

Meskipun cowok juga bisa terkena kanker payudara tetapi pada umumnya cewek-cewek harus lebih waspada karena menjadi seorang cewek merupakan faktor risiko utama dari kanker payudara.

Hal ini karena hormon estrogren dan progesteron bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker payudara ditemukan lebih banyak pada cewek daripada cowok.

Kita akan lebih berisiko terkena kanker payudara apabila memiliki anggota keluarga seperti nenek, ibu, tante, atau pun saudara cewek yang menjadi penderita kanker payudara.

Tahu enggak sih, girls kalau ada satu orang dari keluarga kita yang menderita kanker payudara, risiko kita terkena kanker payudara jadi meningkat hingga dua kali lipat! Ngeri banget!

(Baca juga: Waspada Ancaman Kanker Payudara! Ini 5 Langkah Memeriksa Payudara Sendiri)

Sekitar 5% sampai 10% kasus kanker payudara berasal dari faktor genetik. Hal ini berkaitan dengan gen BRCA 1 dan BRCA 2, gen manusia yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan sel, yang telah mengalami mutasi kemudian diturunkan dari orang tua ke generasi selanjutnya.

Untuk para cewek yang memiliki gen BRCA 1 atau BRCA 2 yang telah mengalami mutasi, memiliki risiko mengalami kanker payudara sebesar 80%.