15 Fakta Mencengangkan Tentang Tenggelamnya Kapal Titanic yang Mungkin Belum Kamu Tahu

By Putri Saraswati, Sabtu, 24 Februari 2018 | 00:04 WIB
Fakta dan trivia menarik tentang tenggelamnya kapan Titanic. (Putri Saraswati)

Lebih dari 100 tahun yang lalu, RMS (Royal Mail Ship) Titanic tenggelam ke dalam lautan Samudra Atlantik Utara setelah menabrak sebuah gunung es dalam perjalanan perdananya dari Southampton, Inggris ke New York, Amerika Serikat.

Peristiwa mengerikan yang terjadi pada tanggal 15 April 1912 itu menewaskan 1514 orang.

Meski satu abad udah terlewat, misteri seputar kapal Titanic dan bencana yang menimpanya selalu jadi topik hangat perbincangan.

Berikut 15 fakta mencengangkan tentang tenggelamnya kapal Titanic yang mungkin belum kamu tahu.

(: 7 Kejadian di Indonesia Ini Masih Menjadi Misteri dan Belum Terpecahkan. Bikin Penasaran!)

Baru-baru ini surat tulisan tangan yang ditemukan di salah satu tubuh penumpang, Alexander Oskar Holverson, berhasil terjual lewat lelang dengan harga kurang lebih Rp 2,25 miliar.

Surat yang ditujukan untuk sang ibunda, Alexander tulis sehari sebelum Titanic tenggelam.

Alasan kenapa surat Alexander dinilai sangat berharga adalah karena surat ini ditulis menggunakan alat tulis yang disediakan oleh kapal Titanic dan isi suratnya bercerita tentang kondisi kapal, makanan, serta deskripsi penumpang lain, John Jacob Astor, orang terkaya di kapal Titanic saat itu.

Dengan panjang mencapai 269 meter, RMS Titanic dulu adalah kapal penumpang terbesar dan objek bergerak buatan manusia terbesar di dunia.

Sedangkan saat ini rekor kapal penumpang terbesa di dunia dipegang oleh Harmony of the Seats dengan panjang 362,12 meter.