Belajar dari Selena Gomez dan Justin Bieber, Kapan Putus-Nyambung Dibilang Toxic Relationship?

By Indra Pramesti, Jumat, 2 Maret 2018 | 02:30 WIB
Kenali dulu alasan kita balikan sama mantan! (Indra Pramesti)

Meski udah putus, terkadang kita masih sering berpikiran kalau masih ada kemungkinan buat balikan sama mantan. Sama seperti Selena Gomez dan Justin Bieber, uhuk. Meskipun keduanya udah sempat putus, tapi toh ternyata masih bisa dekat lagi. Bahkan di hubungan mereka sebelumnya pun, putus-nyambung kayak-nya udah jadi agenda mereka.

Faktanya, berdasarkan data Match’s Singles of America Survey, kemungkian dua orang masih tetap berteman sampai akhirnya balikan lagi ternyata umum lho terjadi. Setengah responden cowok dan seenggaknya 42% responden cewek tercatat masih berteman dengan mantan pacar mereka.

(Baca juga: Curhat Cewek yang Pernah Menderita Bulimia & Anoreksia karena Pengin Kurus)

Survei tersebut juga mencatat, kalau ternyata meskipun udah mantan, kita juga masih sering kok memikirkan dia. Buktinya, ada sekitar 33% orang yang masih memimpikan mantan pacarnya ketika tidur, dengan presentase cowok yang lebih sering memimpikan hal-hal yang indah, jika dibandingkan dengan cewek.

Tapi enggak cuma saat tidur aja, ternyata di dunia nyata pun, banyak juga orang yang masih berimajinasi soal mantannya. Dan lagi-lagi cowok lah yang paling sering melakukannya.

Hmm… jadi terjawab kan, kenapa putus-nyambung ternyata adalah hal yang wajar? Meski terbilang wajar, ada kalanya putus-nyambung juga bisa dibilang sebagai toxic relationship lho, alias hubungan yang enggak sehat.

Kalau kamu ada kepikiran pengin balikan sama mantan, coba deh, lihat tanda-tandanya dulu. Apakah keputusan kita adalah hal yang benar atau malah bikin kita terjebak dalam toxic relationship. Karena terjebak dalam hubungan enggak sehat secara berulang-ulang bukan lah hal yang baik.

Ini dia tanda-tanda putus-nyambung bisa dibilang toxic relationship.

(Baca juga: 5 Tanda #RelationshipGoals yang Salah. Jangan Sampai Deh!)

Karena masih sering kepikiran, kita nekat aja mau balikan lagi sama mantan tanpa belajar dari faktor apa yang membuat kita dan dia bisa gagal di hubungan sebelumnya.

Kita harus sadar kalau kegagalan sebelumnya pasti disebabkan oleh sebuah kesalahan, dan hal ini enggak bisa kita biarkan saja. Sadari dulu apakah kita dan dia sudah belajar dari kegagalan itu dan mau mengubahnya. Kalau enggak ada pemikiran seperti ini, bisa dipastikan kita dan dia akan melakukan kesalahan yang sama lagi.