10 Makanan yang Bisa Mengobati Sakit Punggung. Ternyata Enak Juga Lho!

By Indra Pramesti, Sabtu, 12 Mei 2018 | 12:45 WIB
Ini dia makanan yang bisa menyembuhkan sakit punggung! (Indra Pramesti)

Terlalu lama duduk saat si sekolah atau terlalu sering berada di depan komputer, kadang bikin kita bisa sakit punggung. Tapi jangan khawatir girls, kita bisa mengatasi sakit atau nyeri punggung dengan 10 makanan berikut. Dan ternyata enak juga lho!

(Baca juga: 8 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Soal Kekerasan Seksual di Kampus)

Banyak sayuran yang berkhasiat sebagai anti-inflamatory, tapi ternyata semakin hijau sayuran tersebut semakin banyak juga kandungan anti-inflamatori-nya. Kale adalah salah satu sayuran yang punya khasiat itu. Kita bisa mengonsumsi kale dengan menambahkannya ke smoothie kita. Yum!

Olive oil alias minyak zaitun sudah dari dulu dipercaya bermanfaat untuk kesehatan, termasuk anti-inflamatori dan sebagai antioksidan lewat kandungan oleocanthal, yakni zat kimia yang bekerja mirip seperti ibuprofen untuk mengatasi rasa sakit atau nyeri pada tubuh.

Ganti minyak sayur dengan minyak zaitun saat kita sedang menumis ya girls. Kita juga bisa menambahkannya pada salad.

Selain anti-inflamatori, kita juga harus memastikan kalau makanan yang kita konsumsi juga mengandung kalsium yang bekerja untuk menguatkan tulang kita. Produk dairy seperti susu, keju, dan yogurt udah terbukti jadi sumber kalsium.

Buat yang vegetarian, kalsium juga bisa kita peroleh dari susu kedelai, tahu, atau jus jeruk.

Rempah-rempah ini sering dibilang sebagai super food lho. Jahe berkhasiat sebagai anti-inflamatori lewat kandungan gingerols yang terbukti secara signifikan bisa mengurangi rasa nyeri atau sakit punggung.