Cewek Wajib Tahu! 6 Alasan di Balik Bau Vagina

By Indra Pramesti, Rabu, 8 November 2017 | 06:05 WIB
Ini alasan kenapa vagina kita berbau! (Indra Pramesti)

Bukan hal yang asing lagi buat seorang cewek untuk mengenali dan memahami organ intim yang ia miliki. Vagina yang kita miliki, terkadang mengeluarkan bau yang aneh dan bikin kita bertanya-tanya, normal atau enggak ya? Kalau kita telisik, sebenarnya ada 6 alasan mengapa vagina kita bisa mengeluarkan bau. Yuk cari tahu 6 alasan di balik bau vagina.

(Baca juga: 5 Zodiak yang Paling Enggak Tega Mutusin Pacar. Zodiak Kamu Termasuk Juga?)

Sama seperti bau mulut dan keringat, bau vagina juga bisa disebabkan akibat dari makanan yang kita konsumsi. Makanan yang mengandung banyak bawang atau pun secangkir kopi, ternyata bisa jadi alasan utama vagina kita berbau.

Tapi kita enggak perlu khawatir harus berhenti mnegonsumsi makanan favorit kita kok girls. Dilansir dari seventeen.com, Christine O’Connor, MD, seorang direktur dari Well Woman and Adolescent Care di Institute for Gynecologic Care, Baltimore, mengatakan, asalkan kita rajin minum air putih, tubuh kita nantinya akan lebih sering mengeluarkan cairan (lewat air kencing). Dan bau vagina tersebut akan menghilang seiring dengan kita mengeluarkan cairan tersebut.

Saat melakukan olahraga yang intens dan berat, tubuh kita akan mengeluarkan keringat. Dan perlu diketahui, bukan cuma ketiak kita saja yang berkeringat, tapi juga area di sekitar vagina. Hal ini lah yang menyebabkan vagina kita mengeluarkan bau.

Menurut dr. O’Connor, asalkan kita mandi usai melakukan olahraga yang berat dan insten, bau tersebut akan segera menghilang.

Pemakaian celana dalam yang salah juga bisa menyebabkan bau pada vagina. Celana dalam berbahan sintesis dapat menangkap uap lembab tubuh yang akhirnya memicu munculnya bau. Sebaiknya, gunakan celana dalam berbahan katun atau serat alami supaya uap lembab tubuh tidak terperangkap di dalam celana dalam.

Dr. O’Connor, menjelaskan bahwa celana dalam berbahan katun akan membuat pori-pori di sekitar vagina menjadi bebas bernapas dan mencegah timbulnya bau pada vagina. Saat tidur, kita juga dianjurkan untuk menggunakan celana dalam berbahan katun.

(Baca juga: 6 Trik PDKT Sama Cowok Berdasarkan Hobi yang Dia Miliki)