7 Tanda Kalau Kita Menjadi Korban Pacar yang Narsistik

By Indra Pramesti, Minggu, 18 Februari 2018 | 12:11 WIB
Kenali tanda kita sudah jadi korban pacar yang narsistik! (Indra Pramesti)

Jangan sepelekan tanda-tanda narsistik pada diri seseorang, terutama orang terdekat kita seperti pacar. Narsistik yang membahayakan merupakan gangguan psikologis  yang bisa berupa kekerasan verbal dan emosional, sabotase, keras kepala, suka mengontrol dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut sering ditunjukkan oleh orang-orang yang kurang rasa empati, dan suka memaksakana kehendaknya sendiri. Sebagai akibatnya, korban dari perlakuan tersebut bisa mengalami depresi, sering merasa gelisah, trauma, dan merasa dri enggak berarti.

Sebelum kita menjadi korban dan merasakan dampak negatifnya berkepanjangan, kita perlu tahu 7 tanda kita telah mnejadi korban pacar yang narsistik.

Saat pacar nkita yang narsistik mulai mengontrol jalannya hidup kita, kita jadi mnegesampingkan segala kebutuhan dan keinginan kita, seperti hobi, cita-cita, sahabat, hingga urusan pribadi kita.

Meski cepat atau lambat, kita bakal sadar kalau dia enggak akan puas dengan apapun yang kita lakukan.

Tanpa kita sadari, kita yang menjadi korban dari pacar yang narsistik akan cenderung suka memisahkan diri dari lingkungan atau dinamakan dissociation. Keadaan ini hanya bisa diatasi dengan bantuan terapi trauma.

Trauma lain yang ditimbulkan dari perilaku narsistik adalah kita jadi merasa harus berhati-hati dan menjaga perilaku yang kita lakukan. Rasa spontanitas kita untuk mengeluarkan pendapat atau melakukan hal yang semestinya bisa dengan bebas kita lakukan jadi enggak bisa tersalurkan. Keadaan ini makin parah kalau kita terus-terusan disalahkan sama pacar kita yang narsistik.

Gejala lainnya adalah kita jadi mengalami masalah kesehatan, seperti berat badan yang naik atau pun turun secara drastis, menjadi cepat tua, susah tidur dan punya mimpi buruk.