Belajar dari Kasus Kecelakaan Mobil Akibat Pengemudinya Bipolar, Kenali Gangguan Bipolar dan Perbedaannya dengan Kepribadian Ganda atau Moody

By Indra Pramesti, Kamis, 23 November 2017 | 06:45 WIB
Bipolar dan kepribadian ganda ternyata berbeda lho! (Indra Pramesti)

Selasa malam (21/11) polisi menangkap seorang perempuan yang mengemudiakn mobilnya dan menabrak belasan kendaraan di kawasan Sudriman-Senayan. Dilansir dari CNNIndonesia, ternyata setelah diselidiki perempuan bernama Felycia (24) itu membawa mobil orangtuanya secara diam-diam.

Menurut kesaksian orangtuanya, Felycia memiliki gangguan bipolar dan khawatir kalau tindakan naas yang dia lakukan tersebut karena penyakitnya kambuh.

Gangguan bipolar memang sering kita dengar sebagai salah satuu gangguan mental yang berbahaya. Enggak sedikit bahkan ada yang mengaitkannya dengan kepribadian ganda dan moody. Ketiganya bisa dipastikan memiliki arti yang berbeda.

Yuk kenali gangguan bipolar dan perbedaannya dengan kepribadian ganda atau sekadar moody!

(Baca juga: Ini Alasan Kenapa Punggung Kita Merasa Nyeri Saat Menstruasi)

Gangguan bipolar adalah kondisi seseorang yang mengalami perubahan suasana hati secara fluktuatif dan drastis, misalnya tiba-tiba orang tersebut menjadi sangat bahagia (mania) dari sebelumnya murung (depresi) yang keduanya bisa berlangsung berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan bagi sebagian besar penderitanya. Gangguan bipolar biasanya juga dinamakan manik depresif.

Pada periode mania atau bahagia, penderitanya akan terlihat sangat bersemangat, enerjik, dan berbicara cepat. Sebaliknya pada periode depresi atau murung, penderita akan merasa sedih, lesu, dan kehilangan minat untuk beraktivitas sehari-hari.

Dalam perputaran periode tersebut, ada juga keadaan yang dinamakan mixed state, di mana penderita berada di antara perasaan mania dan depresif.

Hingga saat ini, para ahli belum mengetahui secara pasti penyebab utama dari gangguan bipolar. Namun, diyakini ada faktor yang diduga meningkatkan risiko seseorang terkena gangguan tersebut, seperti stres tingkat tinggi, trauma, kecanduan minuman beralkohol atau obat-obatan terlarang, dan memiliki riwayat genetik keluarga dekat yang menderita gangguan bipolar.

(Baca juga:Jangan Pernah Bikin 4 Zodiak Paling Enggak Sabaran Ini Menunggu. Dijamin Bakal Marah Besar)