Alasan Kita Enggak Boleh Mencabuti Kulit Bibir dan 7 Cara Mengatasinya

By Marcella Oktania, Sabtu, 20 Januari 2018 | 08:40 WIB
bustle.com (Marcella Oktania)

Saat bibir kita kering dan pecah-pecah, terkadang kita enggak bisa menahan keinginan untuk mencabuti kulit yang kering tersebut. Harapannya, kita bakal mendapatkan bibir yang lebih halus. Padahal, cara ini bakal bikin kesehatan dan kecantikan bibir kita mengkhawatirkan, lho!

Mencabuti kulit bibir yang kering bakal membuat bibir kita makin kering dan memperlambat kesembuhan bibir. Lebih parah lagi, tampilan bibir kita bakalan jadi aneh banget. Kalau kebiasaan ini dibiarkan dalam waktu yang lama, bibir kita bakalan sangat gampang berdarah dan bakalan susah sehat kembali!

Tapi kita enggak perlu khawatir. Ada beberapa pencegahan dan cara mengatasi kebiasaan kita ini kok! Yuk, simak caranya-caranya!

(Baca juga: Enggak Perlu Lip Balm, 6 Makanan Ini Bisa Mengatasi Bibir Kering Kita Lho!)

Bibir kering kita berarti pertanda kita dehidrasi dan banyak sel kulit mati menumpuk pada bibir kita. Oleh karena itu, kebiasaan mengeksfoliasi bibir harus kita bangun, nih. Scrub bibir kita 2-3 kali dalam seminggu agar bibir tetap halus dan merah alami. Kita bisa menggunakan produk yang ada di pasaran atau membuat DIY sendiri, lho.

Enggak semua pelembap bibir diproduksi sama, lho. Beberapa bahan yang ada pada lip balm, seperti mentol bisa membuat bibir kita iritasi dan kering. Lebih baik, fokus pada lip balm dengan bahan dasar minyak kelapa, shea butter, atau beeswax yang dijamin bisa bikin bibir jadi lebih lembap dan sehat.

(Baca juga: 3 Langkah Mudah Membuat Bibir Lembut & Enggak Pecah-pecah)

Setiap orang punya alergi masing-masing terhadap suatu barang. Kalau merasa bibir kita dalam kondisi yang makin parah setiap kali memakai suatu produk, lebih baik jauhi produk tersebut dan beralih ke produk lain yang lebih aman untuk kita. Tapi kita harus bersabar, ya. Mencari produk yang tepat butuh trial and error yang enggak terhitung.