Selain Stuntman Demian Aditya, 8 Stunt Performer Ini Juga Alami Kecelakaan Hingga Kematian Saat Menjalankan Aksi

By Putri Saraswati, Selasa, 5 Desember 2017 | 05:27 WIB
8 stunt performer yang pernah mengalami kecelakaan hingga kematian saat melakukan aksi. (Putri Saraswati)

Belakangan masyarakat Indonesia dikagetkan dengan kabar kecelakaan seorang stuntman, Edison Wardhana, saat terlibat dalam aksi “The Death Drop” milik pesulap Demian Aditya pada Rabu (29/11).

Dilansir dari Kompas, dalam aksi tersebut, Demian yang diikat dimasukkan ke dalam peti yang kemudian dijatuhkan dari ketinggian. Setelah peti tersebut jatuh, Demian lalu muncul tiba-tiba di atas panggung.

Ternyata dalam aksi tersebut Demian menggunakan bantuan seorang stuntman, yakni Edison, untuk menggantikan posisinya di dalam peti kayu. Akibat kecelakaan ini, sejumlah saraf di bokong, paru-paru dan tulang rusuk Edison mengalami cedera parah.

Menurut penuturan dari rekan Edison yang ditemui Kompas pada Sabtu (2/12), kondisi Edison udah mulai stabil dan membaik.

(: 8 Pesulap ini Alami Kecelakaan Saat Melakukan Aksinya. Ada yang Sampai Meninggal Dunia)

Aksi stunt performer atau peran pengganti emang lumrah digunakan dalam industri hiburan, girls. Mereka yang berprofesi sebagai stunt performer bertugas menggantikan peran pelaku utama, baik dalam aksi sulap atau syuting film dan drama, dalam melakukan aksi-aksi berbahaya.

Meski punya latar belakang pelatihan dan pengalaman profesional, kemungkinan terjadi kecelakaan saat melakukan aksi di lapangan tetap enggak bisa terhindarkan.

Selain stuntman Demian Aditya, 8 stunt performer ini juga pernah alami kecelakaan hingga kematian saat menjalankan aksi.

Stuntwoman film Deadpool 2 untuk aktris Zazie Beetz, Joi ‘SJ’ Harris, meninggal di lokasi syuting di Vancouver, Kanada pada tanggal 14 Agustus 2017 lalu.

Harris yang merupakan mantan pembalap itu kehilangan kontrol atas motornya dan menabrak trotoar beton. Tubunya lalu terlempar dan menabrak menembus jendela kaca.