Yuk Kenali Kanker Jantung, Si Langka Tapi Mematikan!

By Debora Gracia, Rabu, 13 Desember 2017 | 05:09 WIB
11 Idol Kpop yang Punya Ekspresi Kaget Paling Wow! Lucu Banget! (Debora Gracia)

Sepertinya, penyakit kanker sudah lazim didengar oleh telinga masyarakat. Penyakit mematikan ini sudah banyak diketahui. Sama halnya dengan penyakit gagal jantung atau kelainan pada jantung. Banyak masyarakat yang sudah mengetahui bahkan paham dengan penyakit-penyakit itu.

Namun, ternyata ada penyakit yang bernama kanker jantung. Kamu pernah dengar atau sudah paham girls? Penyakit ini menjadi salah satu penyakit langka yang mematikan lho. Menurut hello sehat, begini ulasannya, yuk simak!

(Baca juga: ada 593 kasus difteri di Indonesia, gimana cara mengatasinya?)

Apa itu kanker jantung?

Kanker jantung, yakni kanker yang berkembang di organ jantung sebagai pusat tubuh. Kanker jantung ini termasuk kasus yang sangat jarang terjadi.

Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, sama halnya dengan kanker lainnya, kanker jantung bermula dari perubahan pada sel yang mengalami pembelahan secara tidak normal.

Kanker jantung bisa berkembang di bagian manapun dari jantung (primer). Meskipun terlihat jarang, kebanyakan jenis kanker yang ditemukan pada jantung berasal dari bagian lain di dalam tubuh sebelum akhirnya menyebar ke jantung (sekunder).

(Baca juga: 8 hal istimewa tentang vagina yang enggak kita duga)

Pada orang dewasa, kanker jantung ganas yang paling umum terjadi adalah angiosarkoma,

Apa itu angiosarkoma? Kanker yang cenderung berkembang di ruang atas kanan jantung (atrium) dan berasal dari pembuluh darah.

Angiosarkoma terjadi ketika gumpalan sel kanker berhasil masuk ke atrium jantung dan menyebar ke organ yang berdekatan dengan jantung.

Duh, seram ya!