Ini Dia 4 Jenis Selaput Dara Yang Kita Miliki. Kamu Wajib Tahu!

By Indra Pramesti, Minggu, 11 Februari 2018 | 13:00 WIB
Ini dia 4 jenis selpaut dara yang dimiliki cewek! (Indra Pramesti)

Sebagai seorang cewek, seenggaknya kita wajib tahu tentang bagian-bagian alat reproduksi pada seorang perempuan. Salah satunya adalah selaput dara.

Selaput dara atau hymen merupakan sebuah membran atau selaput tipis yang mengelilingi bukaan vagina.

Yuk kenali 4 jenis bentuk selaput dara yang kita miliki. Kamu wajib tahu!

(Baca juga: 9 Pertanyaan Tentang Penyakit Menular Seksual Akhirnya Terjawab!)

Selaput dara annular adalah bentuk selaput dara yang normal. Bentuknya mirip seperti bulan setengah. Bentuk ini yang paling sering ditemukan pada perempuan.

Selaput dara annular memungkinkan darah mengalir dari vagina saat seorang perempuan mengalami menstruasi.

Selaput dara imperforate adalah membran atau selaput tipis yang sepenuhnya menutupi bukaan vagina. Sebenarnya selaput dara imperforate bisa didiagnosa sejak bayi, namun lebih sering dilakukan saat seorang perempuan menginjak usia remaja.

Bentuk selaput dara ini menyebakan darah enggak bisa mengalir saat menstruasi. Akibatnya, darah kembali mengalir ke vagina dan menyebabkan sakit atau nyeri pada bagian abdominal atau punggung. Beberapa remaja perempuan juga kerap mengalami masalah pada usus atau kesusahan saat buang air kecil.

Treatment yang dilakukan oleh seseornag yang memiliki selaput dara imperforate adalah dengan melakukan operasi minor dengan  cara menghilangkan jaringan hymen yang berlebih dan mengembalikannya ke ukuran normal, sehingga darah menstruasi dapat mengalir.

(Baca juga: 7 Fakta Seputar Infeksi Jamur Pada Vagina Yang Wajib Diketahui Cewek)