6 Mitos Tentang Selaput Dara Yang Enggak Seharusnya Kita Percaya

By Indra Pramesti, Selasa, 29 Mei 2018 | 02:00 WIB
Ini dia mitos seputar selaput dara yang enggak seharusnya kita percaya! (Indra Pramesti)

Sebagai seroang cewek, pasti kita enggak akan asing dengan bagian anatomi reproduksi perempuan yang satu ini. Yap, selaput dara atau hymen memang sering dijadikan pembicaraan banyak orang, terutama ketika mereka menganggap bahwa selaput dara bisa menentukan keperawanan seseorang.

Ada banyak mitos yang berkebang soal selaput dara yang enggak seharusnya kita percaya. Yuk langsung simak penjelasannya berikut!

(Baca juga: Ini yang Ada di Pikiran Cowok Ketika Memeluk Cewek)

Banyak yang menganggap bahwa selaput dara memiliki fungsi tertentu, khususnya untuk menentukan keperawanan seorang perempuan. Faktanya ternyata salah besar.

Dilansir dari Seventeen, seorang dokter spesialis anak-anak dan direktur kesehatan remaja Columbia University Medical Center, Karen Soren, MD, memaparkan bahwa selaput dara secara medis enggak memiliki fungsi tertentu.

Dikutip dari OurBodiesOurselves, ditemukan fakta bahwa enggak semua perempuan dilahirkan dengan memiliki selaput dara. Bahkan ada pula yang memiliki selaput dara yang tipis sejak lahir.

(Baca juga: Ini Dia 4 Jenis Selaput Dara Yang Kita Miliki. Kamu Wajib Tahu!)

Sama seperti vagina, labia, puting, hingga payudara, setiap perempuan memiliki bentuk selaput dara yang berbeda-beda satu sama lain. Seenggaknya kita mengenal 4 bentuk selaput dara; annular (selaput dara normal), imperforate, microperforate, dan septate hymen.