Menurut Psikologi, Ini 10 Alasan yang Bisa Bikin Kita Jatuh Cinta Kepada Seseorang

By Debora Gracia, Sabtu, 14 April 2018 | 08:45 WIB
Jatuh cinta bikin deg-degan! (Debora Gracia)

Kita pasti pengin tahu alasan kenapa seseorang bisa jatuh cinta. Ternyata, ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan kita jatuh cinta kepada seseorang lho! Mulai dari sinyal biologis, ketertarikan fisik, dan alasan psikologis jatuh cinta. Berikut 10 alasan psikologi yang bisa membuat kita jatuh cinta kepada seseorang!

Berlawanan dengan gagasan yang mengatakan bahwa perbedaan yang membuat hubungan terlihat lebih menarik. Tetapi ternyata, dalam kehidupan sehari-hari, kita yang cenderung memiliki sikap yang sama dengan pasangan terlihat lebih baik. Bahkan hal ini memudahkan kita untuk merasa nyaman dengan pasangan.

Saat kita bertemu dengan seseorang yang terlihat mirip dengan orang tua kita, kita cenderung tertarik dengan orang tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa kemiripan warna mata dan rambut merupakan daya tarik kuat terhadap seseorang.

Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau kita menatap mata masing-masing selama sekitar 2 menit, hal itu dapat menggabungkan perasaan ketertarikan di antara kita dan dia. Hal ini bahkan bisa terjadi bahkan ketika dua orang lawan jenis belum pernah bertemu satu sama lain sebelumnya.

Satu hal yang enggak akan pernah luput dari perhatian orang lain saat berada di dekat kita adalah aroma badan kita. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa cewek sering kali tertarik pada aroma badan cowok dengan kadar testosteron tinggi.

(Baca juga: Kalau Gebetan Nunjukin 11 Tanda Ini, Berarti Dia Cocok Jadi Pacar Kita!)

Merasakan adrenalin yang menyatu, kegembiraan, dan sensasi. Salah satu alasan psikologi untuk jatuh cinta adalah melakukan sesuatu yang mendebarkan bersama. Sepertinya ada hubungan antara kecemasan dan ketertarikan.