Sering Mimpi Buruk Saat Menstruasi? Berikut Penjelasan Ilmiahnya!

By Indra Pramesti, Senin, 18 Desember 2017 | 06:45 WIB
Ini dia alasan kenapa kita sering mimpi buruk saat menstruasi! (Indra Pramesti)

Bagi seorang cewek, kita pasti udah enggak asing sama yang namanya menstruasi. Yap, siklus yang selalu kita alami ini memang sering bikin tubuh kita bereaksi yang enggak biasa. Mulai dari muncul jerawat, kram, selalu merasa lapar, sampai sering mimpi buruk.

Dilansir dari Broadly, sering mimpi buruk saat menstruasi ternyata bukan cuma mitos lho, girls. Berikut adalah penjelasannya ilmiahnya.

(Baca juga: 5 Fakta Menarik Seputar Rambut Vagina yang Wajib Kita Ketahui)

Menurut Dr. Irshaad Ebrahim dari London Sleep Centre, seseorang cenderung mengalami gangguan saat tidur selama masa menstruasi. Dan jika kita terbangun pada saat REM (Rapid Eye Movement) berlangsung, kita akan mampu mengingat mimpi tersebut dengan jelas.

REM biasanya terjadi setelah 90 menit sejak kita mulai tertidur dan akan terus berulang beberapa kali sepanjang malam. REM adalah tahapan dalam tidur seseorang di mana mimpi kita kerap berlangsung.

(Baca juga: 7 Fakta Unik Yang Wajib Cewek Ketahui Tentang Klitoris)

Hal serupa juga diutarakan oleh OB/GYN Dr. Christiane Northrup yang mengatakan bahwa saat menstruasi, aliran hormon progesteron dapat menyebabkan tidur kita menjadi enggak beraturan. Keadaan ini akhirya memicu munculnya mimpi buruk saat tidur.

Meski begitu, enggak semua perempuan memiliki gejala menstruasi yang sama. Ada yang merasakan kram, muncul jerawat, hingga selalu pengin makan. Intinya adalah, mau seperti apapun gejala menstruasi yang kita alami, semua keadaan tersebut adalah wajar sebagai efek samping tubuh kita merespon masa menstruasi.

(Baca juga: 7 Fakta Unik Yang Enggak Banyak Diketahui Tentang Labia, Si Bibir Vagina)