Ini 6 Penyebab Tumit Kita Jadi Kering & Cara Mengatasinya

By Marcella Oktania, Jumat, 26 Januari 2018 | 06:30 WIB
1mhealthtips.com (Marcella Oktania)

Percaya atau enggak, terkadang kita suka lupa merawat kaki kita, nih. Sayangnya, terkadang kita suka merasa tumit kita tiba-tiba kering dan pecah-pecah. 

Eits, tapi tenang aja! Yuk ketahui 6 penyebabnya dan cara mengatasinya!

(Baca juga: ) 

Terlalu lama berada di tempat yang dingin jadi salah satu alasan tumit kita pecah-pecah. Itu kenapa kita butuh menghidrasi kulit tumit kita. Mulai dari sering minum air putih hingga memakaikannya pelembap khusus untuk kaki. Kita juga bisa menggunakan minyak alami yang dipijatkan ke tumit untuk menghaluskannya, lho.

Siapa sangka, ternyata kelebihan berat badan juga jadi penyebab tumit kita kering dan pecah-pecah. Ini karena tumit kita menopang berat tubuh dan memberikan tekanan yang akhirnya membuat tumit kita jadi lebih kering. 

Makanya, lebih baik kontrol berat badan kita. Selain bikin tumit jadi enggak kering, berat badan yang ideal bisa bikin kesehatan terjaga dan penampilan jadi menarik, lho.

(Baca juga: 

Alasan yang paling umum terjadinya tumit pecah-pecah adalah karena pemilihan alas kaki yang salah. Bisa jadi kita memaksakan berjalan dengan sepatu yang terlalu kecil atau menggunakan alas kaki yang enggak nyaman dipakai lama-lama. Menggunakan sandal atau alas kaki yang terbuka juga meningkatkan peluang tumit menjadi kering. 

Untuk mencegahnya, coba pilih alas kaki yang lebih besar sedikit daripada lebih kecil dari ukuran kaki kita. Kita juga bisa menggunakan insoles yang empuk untuk membuat kaki lebih nyaman.