8 Pemahaman Salah Soal Vagina Yang Enggak Seharusnya Kita Percaya

By Indra Pramesti, Minggu, 20 Mei 2018 | 01:30 WIB
Ini dia pemahaman salah soal vagina yang enggak perlu kita percaya! (Indra Pramesti)

Mengenal anatomi organ intim dengan baik, memang wajib buat kita ketahui. Tujuannya supaya kita juga bisa merawatnya dengan tepat juga.

Vagina, organ intim perempuan yang paling mendapat perhatian ini ternyata juga sering disalahartikan. Misalnya saja, banyak pemahaman salah tentang vagina yang berkembang.

Yuk kenali 8 pemahaman yang salah soal vagina yang enggak seharusnya kita percaya!

(Baca juga: Ketika Menstruasi Tembus di Tempat Umum, Rasanya Duhhh... Cewek Pasti Paham!)

Banyak orang yang beranggapan bahwa vagina mencakup seluruh bagian organ intim. Padahal kenyataan, keseluruhan organ tersebut paling tepat disebut vulva, yang juga mencakup bibir dalam dan bibir luar labia. Vagina sendiri hanyalah lubah kecil yang menghubungkan langsung dengan rahim.

Banyak perempuan merasa khawatir dengan kondisi vagina yang mereka miliki. Seperti warna, rambut, bentuk, hingga ukuran klitoris atau pun labia-nya. Kenyataannya, vagina yang normal memang memiliki beragam bentuk, warna, dan ukuran. Jadi kita enggak perlu khawatir lagi.

Vagina erat hubungannya dengan kelembapan. Namun, untuk mencapai kelembapan yang normal, kita enggak perlu repot-repot menggunakan sabun atau bahan kimia lainnya. Ini karena vagina bisa membersihkan organnya sendiri. Jadi kita cukup membasuhnya dengan air biasa saja.

Kenyataannya, bahan celana dalam yang kita pakai sangat berpengaruh terhadap kondisi vagina kita. Bahan yang paling tepat adalah katun atau serat alami. Bahan ini dipercaya bisa bikin organ intim kita bebas bernapas dan mencegah kondisinya supaya enggak cepat lembap.