3 Fakta Penting Tentang Gerakan ‘Time’s Up’ di Golden Globes 2018 yang Peduli Pada Isu Perempuan

By Indra Pramesti, Senin, 8 Januari 2018 | 12:39 WIB
The time's up! (Indra Pramesti)

Setelah gerakan #MeToo yang viral di media sosial tahun 2017 lalu, dunia hiburan Hollywood kembali menyuarakan perlawanan mereka terhadap pelecehan dan kekerasan seksual. Kali ini dinamakan gerakan Time’s Up.

Yuk, kenali 3 fakta penting yang wajib kita ketahui dari gerakan Time’s Up dan menjadi salah satu sorotan utama di pagelaran Golden Globes 2018!

Kasus pelecehan seksual para penggiat perfilman di Hollywood menjadi perbincangan luar biasa di tahun 2017 lalu. Seenggaknya tercatat ada 112 pelaku pelecehan seksual di industri hiburan internasional.

Yang paling mendapat sorotan adalah kasus Harvey Weinstein, Ben Affleck, Bill Cosby, dan Kevin Spacey.

Sebagai respon atas kasus-kasus tersebut, muncul gerakan #MeToo yang meramaikan media sosial sebagai bentuk dukungan kepada para perempuan korban pelecehan seksual.

 

Perlawanan para perempuan Hollywood terhadap pelecehan seksual tidak berhenti sampai di situ. Mengawali tahun baru 2018, lebih dari 300 perempuan yang bekerja di industri tersebut bergabung dalam gerakan Time’s Up.

Aktris-aktris yang terlibat di antaranya adalah Emma Watson, Natalie Portman, Reese Witherspoon, America Ferrera, Eva Longoria, Amber Tamblyn, Kerry Washington, Lena Waithe, Shonda Rhimes, Ashley Judd, sampai Emma Stone.

Time’s Up adalah gerakan yang berasal dari perempuan di industri hiburan kepada perempuan lain di mana pun mereka berada.

Time’s Up melawan ketidaksetaraan dan ketidakadilan dalam lapangan pekerjaan yang menghambat para pekerjanya tidak menemui potensi maksimal.

Para penggagas gerakan Time’s Up juga berencana mengajukan undang-undang agar menghukum perusahaan yang membiarkan pelecehan, serta melawan penggunaan perjanjian kerahasiaan yang kerap digunakan untuk melindungi pelaku pelecehan.

Time’s Up juga telah berhasil menggalang dana yang nantinya akan digunakan untuk membantu proses hukum penyintas pelecehan dan kekerasan seksual di berbagai sektor industri dalam melaporkan pelakunya.

Para seleb yang mendukung gerakan Time’s Up juga mendeklarasikan bahwa mereka akan mengenakan pakaian serba hitam ketika menghadiri acara penghargaan Golden Globes yang diselenggarakan 8 Januari 2018 (7 Januari waktu Amerika Serikat).

Dukungan terhadap gerakan Time’s Up diwujudkan oleh para seleb Hollywood dengan memakai baju berwarna serba hitam di karpet merah Golden Globes 2018.

Enggak hanya seleb perempuan seperti Emma Watson, Reese Witherspoon, Emma Stone, Natalie Portman, dan para penggagas gerakan Time’s Up yang memakai balutan gaun hitam, seleb laki-laki seperti Justin Timberlake, Mark Ruffalo, Daniel Kaluuya, Freddie Highmore, Nick Jonas, hingga Chris Hemsworth juga menunjukkan dukungan mereka terhadap gerakan ini.

 

Dan mengutip dari kampanye Time’s Up dalam website mereka, “No more silence. No more waiting. No more tolerance for discrimination, harrassment or abuse.” If not now, then when? Time’s up.