7 Iklan atau Product Placements Paling Konyol di Film Hollywood

By Putri Saraswati, Senin, 15 Januari 2018 | 12:45 WIB
Product placements paling konyol di film Hollywood. (Putri Saraswati)

Pernah dengar istilah PPLs dalam dunia perfilman? PPLs atau product placements ialah salah satu teknik marketing dalam rangka promosi di mana sebuah produk atau brand disisipkan ke dalam media atau karya seperti film dan program televisi.

Biasanya PPLs diselipkan secara implisit. Tapi pada beberapa kasus, contohnya seperti pada 10 film Hollywood ini, PPLs justru ditunjukkan secara terang-terangan dan bikin penonton mengernyitkan dahi.

Yuk intip 7 iklan atau product placements paling konyol di film Hollywood berikut ini.

(Baca juga: Product placements drama Korea paling konyol)

Bisa dibilang PPLs di film ini adalah yang paling lucu sepanjang dunia perfilman. Para pemain secara terang-terangan mempromosikan para sponsor film.

“Kontrak atau enggak, aku enggak akan tunduk pada sponsor mana pun,” ucap karakter Mike Myer sambil mengangkat kardus Pizza Hut lalu menatap kamera.

Saat fans berekspektasi bahwa film ini bakal jadi penuh dengan iklan mobil, fans malah disuguhkan oleh perubahan bentuk benda-benda dari sponsor, seperti vending machine dan Xbox, menjadi robot.

Saking terang-terangannya, adegan PPLs di film I, Robot ini bisa jadi iklan sendiri nih.

(Baca juga: Product placements engga sesuai tempatnya di drama Korea)

Meski emang brand Google jadi setting yang mendasari cerita, tapi cara film mempromosikannya dirasa terlalu berlebihan. Mulai dari pamer mengenai kehebatan Google hingga berdiri langsung di depan logo Google kapan pun dimungkinkan, The Internship enggak terasa seperti film beneran.

Saat karakter Joshua (Stanley Tucci) mendemonstrasikan kemampuan sebuah elemen yang bisa berubah bentuk sesuai dengan imajinasinya. Elemen tersebut berubah menjadi speaker brand Beats Pill.

Apa sih mesin pencari paling mutakhir dan sering digunakan dalam beberapa tahun terakhir ini? Tentunya Google. Tapi Peter Parker, salah satu pahlawan Marvel paling jenius justru memilih menggunakan Bing.

Selain menunjukkan logo brand makanan cepat saji ayam goreng Popeye dalam satu layar penuh, karakter Nicky juga berucap, “Ayam Popeye luar biasa banget rasanya.”

(Baca juga: 7 kesalahan dalam film Indonesia yang mungkin enggak kamu sadari)