Waspada Bahaya Menahan Bersin Untuk Kesehatan Kita!

By Indra Pramesti, Rabu, 17 Januari 2018 | 08:00 WIB
Jangan menahan bersin, ya, girls! (Indra Pramesti)

Pengin bersin di antara banyak orang, pasti secara refleks kita kerap memilih buat menahannya. Padahal, cara ini terbilang enggak sehat, lho girls. Bahkan dilansir dari Cosmoplitan, seorang lelaki secara enggak sengaja memecahkan tenggorokannya akibat terlalu kuat menahan bersin.

Yuk kenali penyebabnya dan bahaya lain dari menahan bersin yang bisa terjadi pada tubuh kita.

(Baca juga: Wajib Tahu! 6 Jenis Kanker yang Bisa Menyerang Sistem Reproduksi Cewek)

Kasus ini bermula ketika seorang lelaki Inggris berusia 34 tahun yang menahan bersin dengan menekan hidung dan menutup mulutnya. Enggak berapa lama, dia mengalami gejala yang dialami dari tenggorkan pecah adalah kesulian saat menelan makanan, suara menjadi berat, dan terdengar suara saat menelan dari dalam leher. Setelah dilakukan X-ray, dokter menjelaskan adanya udara di dada dan leher lelaki Inggris tersebut. Dokter akhirnya melakukan CT scan dan menemukan fakta bahwa tekanan yang dilakukan pasien untuk menahan bersin ternyata merobek jaringan-jaringan halus di dalam tenggorokannya.

Ketika kita bersin, udara berkecepatan 150 mil per jam keluar dari tubuh kita. Sehingga, kalau kita memberi tekanan dan menahan bersin, maka ada risiko berbahaya seperti yang dialami pasien, dimana udara terjebak di dalam tubuhnya. Demikian dipaparkan oleh dr. Anthony Aymat, ahli THT di London’s University Hospital Lewisham. Dari kejadian tersebut, pasien bisa berisiko terkena infeksi dan harus dirawat selama seminggu di rumah sakit.

(Baca juga: 5 Cara Mengurangi Stres Yang Ampuh Bikin Kita Jadi Lebih Santai)

Dr. Zi Yang Jiang, kepala dokter bedah di University of Texas Helath Science Center di Houston memaparkan bahwa fungsi utama bersin adalah untuk mengeluar virus dan bakteri jahat di dalam tubuh kita. Sehingga kalau kita menahannya, virus dan bakteri tersebut bis amenyebar ke bagian tubuh yang salah, dan pada akhirnya diserap oleh tubuh.

Dr. Aymat juga menganjurkan, hal terbaik yang bisa kita lakukan saat pengin bersin adalah dengan bersin sekuat tenaga. Kalau dirasa kurang sopan, kita bisa menggunakan tisu untuk mencegah menyebarnya kuman-kuman jahat.

(Baca juga: Seperti Key Yang Ditinggal Meninggal Oleh Jonghyun, Ini Dia Cara Kita Move On Dari Kematian Sahabat)