Sempat dipandang sebelah mata pada awal penayangannya, 5 variety show Korea ini perlahan bangkit merebut perhatian audiens dan menembus angka rating yang tinggi.
Ada variety show favorit kamu?
(: Variety show yang ditunggu-tunggu tapi justru dapat rating rendah)
Saat awal penayangannya pada akhir tahun 2015, Knowing Brothers hanya mampu mencapai rating 1,8%. Tapi kemudian secara bertahap acara yang digawangi oleh Kim Heechul, Kang Hodong, Lee Sang Min, Seo Jang Hoon, Min Kyung Hoon, Lee Soo Geun dan Kim Young Chul ini memperoleh peningkatan dalam jumlah viewersnya.
Rating tertinggi dicapai pada November 2017 lalu dengan angka 7,7%. Dengan konsep dan lontaran lelucon para member yang segar, Knowing Brothers bukan hanya jadi favorit audiens Korea tapi juga fans mancanegara.
Bahkan para seleb Korea pun berlomba-lomba untuk jadi tamu dalam acara ini lho.
Siapa pun yang menyaksikan Weekly Idol dari episode pertama pasti enggak pernah menyangka kalau acara ini bakal jadi popular seperti sekarang.
Lokasi syuting yang hanya di sebuah basement dengan latar berwarna putih polos tanpa desain tambahan lain membuat Weekly Idol terlihat sedikit monoton dan membosankan.
Tapi berkat format acara yang menarik (contohnya segmen 2x speed dance) dan kelihaian dua MC utama, Hyeong Don dan Defconn dalam membawakan acara, Weekly Idol sukses menjelma menjadi salah satu variety show yang wajib didatangi para Kpop idol saat ingin mempromosikan comeback terbarunya.
Meski rating paling tingginya hanya mencapai 1,8% (episode Wanna One), tapi acara ini sukses menarik perhatian para fans internasional, terutama di wilayah Asia.
Sempat mengalami kemerosotan sepeninggal salah satu member Kang Gary, pada tahun 2016 Running Man diprediksi akan terus menurun popularitasnya.
Tapi kemudian tim produksi memutuskan untuk menambah dua member baru, yakni Yang Se Chan dan Jun So Min, serta mengubah format acara. Keputusan ini membuahkan hasil yang memuaskan.
Dilansir dari Soompi, pada bulan tanggal 3 Desember 2017 lalu Running Man berhasil menyentuh angka 10,3%. Ini adalah rating tertinggi selama dua tahun terakhir.
Pada awal penayangannya, season terbaru 2 Days 1 Night ini banyak dipandang sebelah mata. Pasalnya pada season sebelumnya, jumlah viewers acara ini secara terus menerus berkurang.
Saat jajaran cast untuk Season 3 diumumkan, audiens pun enggak berharap banyak. Cha Taehyun, Kim Jongmin, Defconn, Jung Joon Young, Kim Joo Hyuk dan Kim Junho dianggap sebagai kombinasi yang cukup aneh.
Bahkan salah satu member, yakni Kim Junho sempat menduga bahwa Season 3 ini akan segera dibatalkan setelah episode pertama tayang. Alasannya karena para member terlihat canggung dengan satu sama lain.
Tapi nyatanya, Season 3 ini membawa kembali kepopuleran 2 Days 1 Night di masa lampau (Season 1). Dinamika hubungan yang unik, lucu dan penuh dengan spontanitas di antara para membernya sukses menarik perhatian audiens. 2 Days 1 Night Season 3 berhasil mencapai angka 23,3% untuk rating tertingginya.
Tayang di stasiun tv kabel tvN dengan jajaran cast yang enggak terlalu populer (Youn Yuh Jung, Shin Goo, Lee Seo Jin, dan Jung Yumi) membuat acara Youn’s Kitchen enggak cukup diperhitungkan oleh audiens.
Tapi berkat konsepnya yang unik dan segar; menjalankan restoran kecil di negara lain; acara ini sukses menarik perhatian. Pada Season 1 (Gili Trawangan, Indonesia), rating tertinggi Youn’s Kitchen mencapai angka 13,5%.
Kesuksesan Youn’s Kitchen diprediksi akan terus meroket pada Season 2 (Spanyol) berkat kehadiran aktor yang kini tengah naik daun, Park Seo Joon. Pada episode keduanya tanggal 12 Januari 2018 lalu aja, Youn’s Kitchern sukses mematahkan rekor rating tertingginya dengan angka 14,9%.
(: 10 variety show paling dicintai warga Korea di tahun 2017)