Lagi Diet? Coba 5 Makanan Hasil Fermentasi Untuk Turunkan Berat Badan!

By Shafina Rahmanida, Rabu, 28 Februari 2018 | 11:15 WIB
Ini dia yang terjadi dalam tubuh dan otak kita ketika menurunkan berat badan! (Shafina Rahmanida)

Umumnya, kita disarankan untuk mengonsumsi bahan-bahan makanan yang segar untuk mendapatkan tubuh sehat. Namun, ternyata makanan fermentasi juga enggak kalah manfaatnya. Ini 5 makanan hasil fermentasi yang bagus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan!

(Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Cuka Apel, Ini 4 Cara Mengonsumsinya)

Kebanyakan dari kita tentu sering mendengar bahwa yogurt adalah salah satu makanan fermentasi yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Tapi, pastikan untuk memilih produk yogurt yang plain dan tanpa tambahan gula atau sirup ya, girls!

Bahan makanan yang umumnya ada di menu khas Jepang ini adalah hasil fermentasi kacang kedelai dengan garam dan koji. Selain kaya protein, makanan ini memiliki kandungan yang dapat menstimulasi sistem pencernaan.

(Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Perut yang Sering Terasa Lapar Pas Lagi Diet Biar Diet Enggak Gagal)

Makanan khas Indonesia yang merupakan hasil fermentasi dari kedelai ini seringkali dijadikan sebagai pengganti daging bagi para vegetarian. Karena proses fermentasi yang dilaluinya, tempe menjadi salah satu sumber terbaik dalam menghasilkan bakteri probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Sebelumnya, pastikan bahwa sayur acar yang kalian konsumsi merupakan hasil dari fermentasi. Makanan ini dapat berguna untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan sistem imun.

(Baca juga: Yuk Turunkan Berat Badan dengan Madu dan Kayu Manis!)