6 Sikap Cowok Yang Tanpa Kita Sadari Ternyata Merendahkan Cewek

By Indra Pramesti, Jumat, 6 April 2018 | 03:00 WIB
Ini dia sikap cowok yang ternyata merendahkan cewek! (Indra Pramesti)

Dampak patriarki dalam hidup kadang tanpa disadari ternyata sudah memengaruhi pemikiran kita. Yang sebenarnya merendahkan cewek, malah kita anggap biasa saja.

Seperti 6 sikap cowok berikut yang tanpa kita sadari ternyata merendahkan cewek.

(Baca juga: Ini Dia Alasan Kenapa Korban Kekerasan Atau Pelecahan Seksual Bungkam)

Enggak peduli laki-laki atau perempuan, yang namanya menganggap remeh pendapat orang lain, jelas merupakan tindakan merendahkan orang lain.

Tapi karena kita perempuan, seringkali kita menjadi korban perlakuan cowok ini. Sikapnya merupakan bentuk seksisme karena dia menganggap apa yang kita katakan enggak penting jika dibandingkan dengan perkataannya.

Apa yang kita lakukan terhadap tubuh kita adalah pilihan dan kebebasan kita sendiri. Jadi kalau pacar kita memberi komentar tentang tubuh kita dan enggak menyetujuinya, berarti kita sudah terjebak dalam perlakuan pacar yang enggak sehat.

Perubahan yang terjadi pada tubuh kita memang akan mengundang komentar. Tapi hanya kita yang bisa menentukan perlakuan kita buat tubuh kita sendiri. Karena sejatinya, selera fashion, kecantikan, atau pun pilihan kesehatan tubuh kita bukan menjadi tanggung jawab pacar.

Sekali pun kita dan dia sama-sama saling menyukai, bukan berarti dia berhak untuk melakukan hal apapun kepada kita tanpa izin. Misalnya saja ketika cowok pengin memeluk, mencium, atau pun berhubungan seksual sama kita. Sudah pasti dia harus berkewajiban buat meminta izin terlebih dahulu.

Intinya, kalau kita merasa enggak nyaman dan enggak mood, kita berhak menolak. Dan pacar kita berkewajiban buat menghormati keputusan kita.