13 Grup Kpop Ini Bisa Saja Bubar Karena Skandal atau Tragedi, Tapi Tetap Bertahan Sampai Sekarang. So Strong!

By Ifnur Hikmah, Jumat, 30 Maret 2018 | 14:45 WIB
Stronger than ever (Ifnur Hikmah)

Tidak semua orang memiliki mental pejuang. Ada kalanya kita menyerah dan memilih untuk mengubur mimpi setelah didera skandal atau tragedi bertubi-tubi.

Namun, tidak begitu halnya dengan grup Kpop ini. Skandal demi skandal bisa saja bikin mereka bubar, tapi mental pejuang bikin mereka terus bertahan hingga sekarang.

Berikut 13 grup Kpop yang bisa saja bubar karena skandal atau tragedi, tapi tetap bertahan sampai sekarang. So strong!

(Baca juga: seleb Korea paling random dan enggak diduga digosipkan pacaran)

Tiga belas tahun bukan perjalanan waktu yang singkat dan di kurus tersebut, Super Junior sudah melewati banyak hal.

Di 2006, Heechul mengalami kecelakaan dan dampaknya terasa dalam waktu lama. Butuh waktu sepuluh tahun sampai dia akhirnya bisa benar-benar kembali bisa nge-dance.

Setahun kemudian, Kyuhyun, Leeteuk, Eunhyuk, dan Shindong yang mengalami kecelakaan. Kyuhyun yang paling parah, bahkan dia didiagnosa hanya memiliki 20% kesempatan hidup, dan kalaupun selamat, dia tidak akan bisa menyanyi lagi.

Setelah operasi dan treatment lain, Kyuhyun bisa melewati ini semua dan keluar dari rumah sakit 78 hari setelah kecelakaan.

Bukan hanya tragedi, grup ini juga ditimpa banyak skandal. Di 2009, setelah kesuksesan Sorry, Sorry, Heechul merasa dia tidak memberikan kontribusi apa-apa sehingga berencana untuk keluar. Untung Eunhyuk berhasil membujuknya dan bertahan di grup.

Namun, Kibum memutuskan untuk hiatus dan fokus ke akting, hingga akhirnya dia keluar bertahun-tahun kemudian.

Di tahun yang sama, Kangin terlibat skandal mengemudi dalam mabuk di Oktober, dan dua bulan setelahnya, di Desember, Han Geng menuntut SM Entertainment dan ingin membatalkan kontraknya.