6 Kesalahan Membersihkan Vagina yang Umum Kita Lakukan

By Indra Pramesti, Minggu, 25 Maret 2018 | 12:45 WIB
Jangan lakukan kesalahan berikut, ya, girls! (Indra Pramesti)

Sebagai seorang cewek, kita perlu lebih memahami soal organ kewanitaan yang kita miliki. Tujuannya enggak lain adalah, supaya kita bisa merawatnya dengan cara yang tepat. Termasuk soal merawat oragn intim vagina.

Vagina yang kita miliki, memang enggak perlu ddibersihkan dengan cara yang khusus, tapi banyak dari kita yang merasa perlu buat membersihkan vagina mereka.

Akhirnya, kesalahan-kesalahan dalam proses membersihkan vagina pun enggek bisa kita hindari. Yuk kenali 6 kesalahan membersihkan vagina yang umum kita lakukan.

(Baca juga: Punya Teman yang Egois? Ini Dia 5 Cara Mudah Menghadapi Dia)

Saat membersihkan vagina dengan air, kita enggak perlu menggosok atau menggaruknya dengan keras. Tujuannya supaya enggak muncul gejala iritasi pada area vagina yang bisa bikin kita enggak nyaman.

Pada dasarnya vagina kita memiliki kemampuan untuk membersikan sendiri dan mampu mempertahankan pH dan keseimbanagn bakteri di dalamnya. Sehingga, penggunaaan sabun untuk membersihkan vagina, jelas enggak kita butuhkan.

Kita juga enggak perlu menggunakan bahan-bahan lain selama membersihkan vagina, seperti body wash, shampoo, conditioner, atau sabun beraroma. Bahan-bahan yang mengandung banyak zat kimia ini enggak cocok buat keadaan vagina yang sangat sensitif. Malah, kalau kita menggunakannya, kita bakal gampang terkena infeksi.

Membersihkan vagina dengan semprotan air ternyata juga enggak sehat, lho. Malah, tekanan air yang terlalu kencang enggak baik untuk kondisi vagina kita.