4 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Kita Lakukan Sebelum Tidur Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit!

By Debora Gracia, Rabu, 21 Februari 2018 | 07:27 WIB
Jaga kesehatan kulit sebelum tidur, ya! (Debora Gracia)

Tidur bukan hanya sekadar mengistirahatkan badan dari rasa letih. Dilansir dari Telegraph, Dr. Guy Meadows, pendiri The Sleep School dan pakar terkemuka di Inggris bilang kalau tidur adalah waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan, memperbarui, dan menghilangkan racun dari kulit.

Selama tidur, hormon pertumbuhan memuncak dan merangsang perbaikan sel dan jaringan. Bila kualitas tidur berkurang, proses perbaikan kulit oleh hormon menjadi lambat. Maka, penting banget untuk kita tahu menjaga kebersihan kulit sebelum tidur.

Jangan sampai kita melakukan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini sebelum tidur, yang ternyata bisa merusak kulit!

Posisi ini mungkin jadi posisi tidur yang paling nyaman bagi beberapa orang. Tapi, menurut ahli dermatologi Dr. Purvisha Patel, posisi ini bisa memberikan efek pembengkakan, khususnya pada mata.

Sering tidur dengan posisi tengkurap mendorong cairan menumpuk di wajah dan memberikan tekanan wajah untuk mengendur dan kehilangan kolagen. Ketika tidur, mungkin kita enggak sadar dengan posisi tidur. Makanya, lebih baik tidur dengan posisi telentang atau miring dibanding langsung tidur dengan posisi tengkurap.

(Baca juga: Hati-Hati, 6 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Kita Terlihat Cepat Tua, Lho!)

Jangan pernah lupa untuk mencuci muka sebelum tidur. Aktivitas seharian membuat wajah kita penuh dengan debu, keringat, dan kotoran. Belum lagi dengan sisa-sisa makeup yang menempel. Membersihkan kulit wajah bisa menghindari pori-pori yang menyumbat dan potensi timbulnya jerawat.

Selain itu, ternyata mandi dengan air hangat membuat tubuh lebih hangat dan rileks serta kulit lebih bersih dari debu tentunya. Tapi, jangan biarkan rambut basah karena akan membuat seprai dan bantal menjadi lembap dan mudah tumbuh jamur.

Skincare di malam hari memang penting. Tapi, jangan terlalu banyak menggunakan produk tersebut di sebelum tidur karena bisa membahayakan kulit.