10 Jajanan Khas Jepang Ini Wajib Kita Coba. Mana yang Jadi Favoritmu?

By Debora Gracia, Selasa, 20 Februari 2018 | 09:54 WIB
Harus nyoba, nih! (Debora Gracia)

Mencoba jajanan dari luar negeri memang seru banget! Kita enggak perlu jauh-jauh ke negara tersebut, karena sekarang di Indonesia juga banyak jajanan khas luar negeri yang bisa kita cicipi, termasuk jajanan khas negara Jepang.

Kuliner Jepang bukan hanya sushi, udon, atau tempura, yang biasa kita temui. Melainkan ada jajanan lain yang juga enggak kalah nikmat.

Penasaran apa saja? Yuk, disimak! Ini 10 jajanan khas Jepang yang wajib kita coba.

Berasal dari kata okonomi yang artinya, “apa pun yang kamu mau” dan yaki artinya dipanggang atau dimasak. Bentuknya mirip pancake. Bahan-bahannya adalahi kol, daun bawang, daging, serta gurita biasanya resep yang dicampurkan ke dalam penggorengan. Lebih nikmat disajikan dengan saus spesial atau mayones Jepang.

Jajanan Jepang ini cukup populer di Indonesia. Berasal dari Osaka, takoyaki memiliki bahan dasar tepung dan telur yang dimasak dalam putaran penggorengan hingga membentuk bola kecil. Di dalamnya diisi dengan daging gurita.

(Baca juga: Cari Tahu Makanan yang Paling Cocok Kita Makan Berdasarkan Zodiak!)

Shioyaki dikenal sebagai ikan tusuk, yaitu ikan tenggiri yang ditusuk dengan tusuk sate dan dibumbui dengan garam sebelum dipanggang.

Jajanan ini paling terkenal di Jepang. Pancake berbentuk ikan yang memiliki taburan yang diinginkan sesuai selera, seperti coklat atau keju. Di dalamnya adalah pasta kacang merah yang hangat. Yummy!