5 Drama Korea yang Mengangkat Isu Sosial Seksisme, Kamu Sudah Nonton?

By Indah Permata Sari, Rabu, 28 Februari 2018 | 09:50 WIB
(Indah Permata Sari)

Enggak hanya menghibur, tapi drama Korea juga beberapa kali membawa misi dalam mengangkat isu sosial yang enggak banyak masyarakat ketahui.

Beberapa drama ini ternyata sudah mengisahkan sebuah cerita yang mungkin pernah seseorang alami atau punya kisah pengalaman yang mirip.

Isu sosial yang mungkin enggak banyak orang sadari adalah isu seksisme. Seksisme ini adalah diskriminasi dan/atau prasangka terhadap seseorang yang bergantung terhadap seks, tetapi juga dapat merujuk pada semua sistem diferensiasi pada seks individu.

Nah seksisme ini muncul dalam beberapa drama Korea nih girls, walaupun enggak semua drama menceritakannya dengan jelas dan bisa saja implisit. Ini dia 5 drama Korea yang mengangkat isu sosial seksisme, kamu sudah nonton?

Kamu sadar enggak kalau perlakuan Gook Do (Ji Soo) ke Do Bong Soon (Park Bo Young) adalah seksisme? Gook Do melihat Bong Soon adalah cewek yang harus dia jaga. Seorang cewek mungil, lemah, dan harus dia lindungi.

Padahal hanya postur tubuh Bong Soon saja yang mungil, namun untuk karakternya Bong Soon adalah cewek kuat yang berani melawan penjahat.

Memangnya jadi cewek harus yang selalu dijaga dan dilindungi? Bong Soon membuktikan kalau enggak hanya cowok yang melindungi cewek, tapi dia bisa jadi pelindung bagi cowok dan banyak orang.

(Baca juga : )

Di drama ini juga mengangkat isu seksisme. Dikisahkan lewat Woo Soo Ji (Esom) yang menerima pandangan negatif karena jenis kelaminnya.

Soo Ji adalah seorang wanita namun dia enggak suka pakai bra karena belum menemukan bra yang nyaman baginya. Lalu orang-orang kantor membicarakannya karena dia enggak pakai bra. Padahal, keharusan memakai bra terbentuk karena kesepakatan sosial, bukan sebuah keharusan.