Wajib Baca, 5 Novel Terbaik Gabriel Garcia Marquez, Penulis Terkenal Dunia

By Indah Permata Sari, Selasa, 6 Maret 2018 | 06:55 WIB
Gabriel Garcia, Novelis Populer yang Menghiasi Doodle di Laman Pencarian Google (Indah Permata Sari)

Pada hari ini, tepatnya 6 Maret 2018, laman pencarian Google dihiasi oleh doodle warna-warni yang terlihat indah banget. Ternyata, doodle ini didedikasikan sebagai perayaan ulang tahun Gabriel Garcia Marquez, seorang novelis, jurnalis, penerbit, dan aktivis politik asal Kolombia.

Pria kelahiran tahun 1927 ini, dilansir dari laman tekno.kompas.com, basisnya sebagai seorang jurnalis membuatnya suka menulis novel non-fiksi. Ia juga rajin mengeluarkan novel kategori fiksi, atau lebih tepatnya bersifat realism magis.

Semasa hidupnya, dia sudah pernah meraih penghargaan Nobel untuk Kesusastraan di tahun 1982 dan beberapa penghargaan lainnya hingga pada tahun 2003 masuk dalam New York Times 10 Best Books of the Year.

KIsah cinta antara dua orang yang sudah enggak muda lagi, yaitu Florentino Ariza dan Fermina Daza. Selama 50 tahun, Florentino mencintai Fermina namun Fermina sudah menikah dengan pria lain sedangkan Florentino selama ini memiliki pasangan yang berganti-ganti namun hanya Fermina yang dia cintai.

Ketika suami Fermina meningga, Florentino pun enggak mau menyiakan kesempatan ini untuk menyatakan cintanya pada Fermina. Novel ini bagus banget karena bisa menggambarkan kisah cinta dua orang yang sudah enggak muda lagi, namun mereka enggak pernah menyerah dan pengin memperjuangkan cinta mereka.

(Baca juga :)

Novel ini cukup rumit, namun salah satu karya dari Gabriel Garcia yang fenomenal. Bercerita mengenai kisah sebuah keluarga 7 generasi yang hidup di Macondo. Generasi pertama adalah Jose Arcadio Buendia dan Ursula Iguaran, di mana Jose sangat terobsesi untuk bisa menemukan Tuhan.

Mereka berdua punya 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuan serta 1 anak angkat, bernama Rebeca. Dikisahkan juga cinta antara Rebeca, Amaranta dan Pietro Crespi. Enggak hanya kisah keluarga saja, tapi setting latar waktu pada masa perang Kolonel Areliano Buendia juga menarik banget untuk kita baca!