4 Novel Terjemahan Tentang Kekerasan Dalam Pacaran & Pelajaran yang Bisa Diambil

By Andien Rahajeng, Kamis, 22 Maret 2018 | 06:46 WIB
Wajib dibaca! (Andien Rahajeng)

Novel romance memang bikin ketagihan. Bisa bikin senyum-senyum sendiri, bisa juga menguras emosi.

Enggak hanya bikin baper, 4 novel luar ini juga berisi pelajaran-pelajaran cinta tentang dating violence yang bisa kita ambil. Selain membuat kita lebih waspada terhadap tanda-tandanya, kita juga bisa belajar lebih memahami tentang yang dialami korbannya.

Yuk baca 4 novel terjemahan tentang kekerasan dalam pacaran ini dan pelajaran yang bisa diambil.

(Baca juga: curhat cewek yang jadi korban kekerasan fisik dari pacarnya)

  1. It Ends With Us – Colleen Hoover

Novel karya Colleen Hoover ini menceritakan tentang Lily dan Ryle. Ryle ini tipe cowok idaman banget deh. Seorang dokter muda yang ganteng dan romantis. Pribadinya juga menarik dan asik diajak ngobrol.

Enggak disangka setelah beberapa lama berpacaran, Ryle mulai sering kehilangan kontrol atas emosinya dan melakukan tindakan-tindakan kekerasan pada Lily.

Berdasarkan kisah nyata dari kehidupan ibu kandung Coleen Hoover, cerita ini dijamin akan mengobrak-abrik perasaan kita banget!

  1. Dreamland – Sarah Dessen

Menceritakan tentang Caitlin, cewek 16 tahun yang tenggelam dalam “indah”nya jatuh cinta dengan Rogerson. Rogerson bisa membawanya ke dunia baru yang seperti alam mimpi di saat hati Caitlin sedang galau karena kakaknya kabur dari rumah.

Tapi ternyata Rogerson mudah tersulut emosi, cemburuan, dan posesif. Caitlin keluar dari tim cheerleading, nilai-nilainya merosot, dan mulai bereksperimen dengan ganja. Enggak hanya terbawa pengaruh buruk, Caitlin juga menjadi korban tindakan kekerasan fisik oleh Rogerson.

Selama membaca novel ini yang akan kita pikirkan hanya pengin segera nolongin Caitlin.

  1. Bully – Penelope Douglas

Dari judulnya kita sudah bisa nebak kalau cerita ini tentang bullying. Mengisahkan tentang Jared dan Tate yang rumahnya bersebelahan dan dulunya berteman.

Saat Tate pulang dari program pertukaran pelajar di Prancis, sikap Jared jadi berubah 180 derajat. Jared sering mem-bully dan mengancam Tate di sekolah.

Sebenarnya Jared mencintai Tate, tapi dia merasa diabaikan selama Tate mengikuti pertukaran pelajar dan melampiaskan kegelisahannya itu dengan cara yang salah.

(Baca juga: Jenis kekerasan dalam pacaran)

  1. The Girl Who Fell – S.M. Parker

Zephyr, seorang anak SMA yang sangat fokus dengan masa depan dan mimpinya untuk melanjutkan kuliah ke Boston College.

Dia jatuh cinta dengan Alec, siswa baru tampan yang juga penjaga gawang tim hockey sekolahnya. Alec bisa memahami Zephyr dan pendengar yang baik. Zephyr merasa nyaman bersama Alec.

Namun lama-kelamaan Alec mulai menunjukkan watak aslinya yang posesif dan suka mengontrol. Zephyr mulai galau tentang mimpi-mimpinya dan seperti banyak korban dating violence lainnya, dia membuat alasan-alasan bahwa ini adalah cara Alec mencintainya.

(Baca juga: novel wajib baca Maret 2018)