Apakah Detox Media Sosial Benar-benar Punya Pengaruh Positif? Ini Jawabannya.

By Indra Pramesti, Rabu, 7 Maret 2018 | 08:45 WIB
Gimana menurut kamu, girls? (Indra Pramesti)

Hidup di zaman yang serba canggih dengan teknologi, pasti bikin kita merasa sangat dimudahkan dalam berbagai hal. Tapi di balik kemudahan-kemudahan itu, enggak jarang kita temukan banyak masalah. Salah satunya yang sering kita alami adalah merasa iri dengan postingan orang lain di media sosial.

Dari masalah itu, akhirnya muncul keinginan untuk menghapus aplikasi media sosial sampai enggak memilih enggak aktif lagi. Benarkah detox media sosial memang benar-benar punya pengaruh positif? Yuk cari tahu jawabannya!

(Baca juga: 11 Sikap Introvert Yang Membingungkan. Bikin Dilema Banget!)

Saat ada yang memposting kegiatannya dalam media sosial, enggak jarang kita memang merasa iri atau cemburu dengan keadaan mereka. Orang-orang yang merasa cemburu karena rendahnya rasa percaya diri atau yang sedang depresi akan punya kecenderungan untuk memproses banyak informasi (termasuk postingan seseorang di media sosial) dengan pandangan yang negatif. Demikian dipaparkan oleh direktur Media Psychology Research Center, Dr. Pamela Rutledge dilansir dari cosmopolitan.com.

Dr. Rutledge juga menambahkan bahwa dengan enggak menggunakan media sosial, bukan berarti akan menyembuhkan kegelisahan seseorang terhadap kehidupan sosialnya. Misalnya saja, kita pasti tetap merasa iri kalau mendengar kabar dari omongan orang lain.

Media sosial membuat kita tetap terhubung dengan sahabat dan keluarga. Menurut Dr. Rutledge, fungsi media sosial ini ternyata baik untuk kesehatan mental dan fisik kita.

Kalau alasan kita enggak aktif di media sosial karena kita merasa kesepian dengan postingan orang lain, menghapus aplikasi media sosial malah menghalangi kita untuk menjaga koneksi itu.

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk main media sosial setelah melalui hari-hari yang melelahkan. Tapi dengan enggak berlebihan, sebenarnya rehat sejenak dari media sosial juga punya dampak positif buat kita, lho.

Dr. Rutledge mengungkapkan bahwa dengan ngecek media sosial untuk beberapa menit ternyata bikin otak kita beristirahat untuk sementara. Terlebih lagi kalau kita sedang menghadapi banyak masalah atau kegiatan yang melelahkan. Main media sosial bisa sejenak menghilangkan stres kita.