Kondisi Rambut Berubah Saat Menstruasi. Apa Hubungannya?

By Ifnur Hikmah, Kamis, 22 Maret 2018 | 08:47 WIB
pinterest (Ifnur Hikmah)

Ada banyak hal yang terjadi pada tubuh kita ketika sedang dalam masa menstruasi. Salah satunya kondisi rambut yang berubah.

Mungkin kita enggak begitu memahaminya, tapi apa sih perubahan yang terjadi pada rambut ketika kita menstruasi?

(Baca juga: 6 bahan alami agar rambut kusut jadi kembali lurus)

Perubahan hormon yang kita tahu bisa memengaruhi mood. Namun ternyata, juga bisa berakibat ke kondisi rambut. Kalau kita merasa bad hair day ketika menstruasi, itu ada hubungannya dengan hormon ini.

Menurut laporan yang disadur dari Woman’s Day, dua minggu sebelum menstruasri, kita akan mengalami masa-masa terindah dengan rambut di sepanjang bulan tersebut. Hal ini disebabkan oleh kadar estrogen yang sangat tinggi sehingga menekan testosterone ke level terindah. Rambut pun jadi glowing dan berkilau sehat.

Namun, semakin mendekati masa menstruasi, rambut jadi semakin sering rontok dan berminyak. Kulit kepala pun jadi terasa lebih gatal.

(Baca juga: rangkaian perawatan yang dapat mengatasi rambut lepek)

Hal ini ada hubungannya dengan anatomi tubuh. Maksudnya, kulit kepala jadi lebih banyak memproduksi minyak. Ketika menstruasi, tubuh kita menghasilkan LH  atau luteinizing hormone yang memproduksi minyak atau sebum dalam jumlah banyak.

Dalam perjalanannya ke seluruh tubuh, rambut juga menyerap banyak sebum ini. Akibatnya rambut jadi lebih mudah lepek dan enggak berkilau. Rambut pun tampak kusam.

(Baca juga: kulit kepala gatal? Kenali penyebabnya)