10 Trik Buat Si Introvert Biar Enggak Awkward Saat Bersosialisasi!

By Indra Pramesti, Selasa, 27 Maret 2018 | 10:43 WIB
Biar enggak awkward! (Indra Pramesti)

Sebagai seorang introvert yang erat dengan image pendiam, pemalu, dan tertutup, pasti kita sering merasa kesulitan buat memulai bersosialisasi. Takut enggak diterima, takut dianggap aneh, atau takut situasinya jadi awkward.

Nah, biar hal-hal tersebut enggak terjadi, yuk cari tahu 10 trik buat si introvert biar enggak awkward saat bersosialisasi! Wajib dicoba, nih!

(Baca juga: Sikap Romantis Kita Ketika Nemuin Cowok yang Tepat Menurut Bulan Kelahiran)

Sebelum ngobrol sama orang lain, kita enggak perlu overthinking sama apa yang mau kita omongin sama lawan bicara kita. Kalau kita enggak sengaja nyeletuk hal yang memalukan, langsung aja alihkan pembicaraan ke hal lain sambil ketawa.

Kalau kita kelewat overthinking terus, kita malah enggak jadi ngomong, girls. Ujung-ujungnya diam aja, deh.

Jangan sering-sering menggunakan ‘um’ atau ‘emm’ saat kita lagi ngomong. Lebih baik kita diam sejenak sebelum melanjutkan kata-kata kita. Lawan bicara kita juga jadi lebih bisa memahami apa yang kita katakan.

Jangan pernah memotong pembicaraan orang lain. Lebih baik, kita lebih bersabar dan mendengarkan apa yang ingin dia katakan sampai selesai. Sekalipun ketika lawan bicara kita membicarakan soal topik yang terkesan cerdas atau keren, kita enggak perlu menganggunya.

Misalnya ketika dia lagi ngomong, tiba-tiba kita langsung menyerobot, ‘bentar, aku udah tahu, itu yang…’ atau semacamnya. Be humble dan coba tunjukkan ketertarikan kita terhadap topiknya.

Kalau kita terus melatih cara ngobrol seperti ini, kita akan bisa diapresiasi juga sama lawan bicara kita.