Enggak Perlu Obat Super Untuk Memaksimalkan Kerja Otak. Ini 6 Resep Rahasianya!

By Indra Pramesti, Rabu, 4 April 2018 | 13:00 WIB
Wajib dicoba! (Indra Pramesti)

Ada mitos yang mengatakan bahwa otak manusia hanya menggunakan 4-8% dari kemampuan otaknya dan orang yang bisa menggunakan otaknya lebih dari 8-10% adalah orang jenius, salah satunya adalah Albert Einstein.

Mitos ini jelas salah setelah dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan para ahli. Nah, karena ternyata manusia enggak cuma bisa menggunakan 10% dari kemampuan otaknya, sekarang latih otak kita agar bisa bekerja maksimal, yuk!

(Baca juga: 25 Pertanyaan Buat Gebetan Menurut 5 Tahap PDKT, Mulai Awal Kenal Sampai Yakin Kalau Dia 'The One')

Posisi tegak bisa memperlancar aliran oksigen ke otak sehingga kesiagaan dan kemampuan berpikir otak jadi lebih baik. Coba kerjakan tugas sambil tiduran dan sambil duduk tegak, pasti kita akan lebih mudah dalam posisi duduk tegak.

Berjalan kaki, jogging, atau olahraga lainnya yang dilakukan secara teratur minimal 30 menit sehari secara senang bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif otak, melindungi sel otak dan memicul pertumbuhan sel-sel otak baru pada daerah memori dan belajar dua kali lebih cepat.

Penelitian yang dialkukan oleh Harvar School of Public Health, Amerika Serikat, menemukan kalau orang yang memiliki kehidupan sosial lebih aktih akan lebih sedikit mengalami penurunan memori dibandingkan orang yang kuarng aktif bersosialisasi. Interaksi dengan orang lain bisa jadi latihan yang sehat bagi otak.

(Baca juga: Ampuh Modusin Gebetan yang Kita Sukai. Ini 5 Triknya!)

Asah otak dengan games seperti teka-teki silang. Tapi jangan cuma melakukan itu, soalnya kalau sudah terllau sering dilakukan, otak jadi kehilangan tantangan untuk melatih fungsi kerjanya. Coba alternatif games lain seperti Sudoku, scrabble, atau permainan strategis sepetri catur, monopoli, dan ular tangga.