Atasi Enggak Mood Belajar dan 4 Masalah Lainnya Dengan Smart Learning!

By Indra Pramesti, Rabu, 4 April 2018 | 09:15 WIB
Wajib dicoba biar makin fokus belajar! (Indra Pramesti)

Enggak mood belajar, bosan malas baca, dan banyak lagi problem lain sering kita anggap sebagai penghalang mendapatkan nilai bagus. Padahal, kalau kita bisa melakukan smart learning berikut, masalah belajar bakal dengan mudah kita atasi.

(Baca juga: Nge-Date Sama Cowok yang Bukan Tipe Ideal Kita? Kenapa Enggak. Seru Juga, Lho!)

Lagi enggak mood memang sering dijadikan alasan kita malas belajar. Perlu mood yang bagaimana sih? Sebenarnya, mood baik itu bisa dibangun, lho.

Misalnya dengan melakukan hal-hal yang kita senangi sebelum belajar. Kalau lagi merasa agak panik, bisa mendengarkan lagu-lagu slow yang membuat pikiran lebih tenang. Kenali waktu-waktu yang membuat kita bisa fokus belajar seperti di pagi hari saat masih fresh. Bisa juga ngemil coklat saat belajar supaya mood lebih baik. Jangan biarkan mood mengatur kita, tapi kita yang harus mengatur mood.

Ada sebagian orang yang baru bisa belajar apabila berada di tempat yang sepi atau tenang. Kalau di rumah sedang ramai, kita bisa mencari alternatif lain. Misalnya, pergi ke kafe atau tempat favorit yang memang suasananya memungkinkan untuk belajar.

Kita juga bisa minta pengertian anggota keluarga di rumah untuk lebih tenang karena mau belajar demi ujian. Dengan suasana yang nyaman, pasti belajar jadi lebih efektif dan lebih kondusif. Jadi, enggak ada alasan lagi utnuk enggak belajar, kan?

Kadang, ada beberapa guru memang suka memberi materi yang banyak untuk bahan ulangan kita. Memang sih, gara-gara bahan ujian yang banyak membuat kita malas untuk membacanya.

Berarti, kita harus tahu guru mana saja yang suka memberikan banyak materi ujian. Cara menyiasatinya adalah dengan selalu menulis poin-poin penting atau rangkuman setelah guru tersebut memberikan penjelasan di kelas. Membuat rangkuman dengan cara yang kreatif bisa membuat kita enggak malas membacanya.

(Baca juga: 7 Hal yang Introvert Harus Tahu Sebelum Nge-Date Sama Gebetan)