5 Hal Kecil yang Bisa Menyebabkan Sakit Kepala. Harus Dihindari!

By Andien Rahajeng, Rabu, 11 April 2018 | 04:12 WIB
. (Andien Rahajeng)

Saat lagi produktif, enggak ada yang lebih menganggu dari pada sakit kepala. Kita sedang fokus dengan kerjaan kita dan tiba-tiba kepala kita sakit dan konsentrasi kita langsung buyar.

Sakit kepala adalah gangguan yang tricky. Umumnya disebabkan hal-hal kecil yang kita enggak bisa tahu pasti. Untungnya, selama masih ringan, masalah ini mudah di atasi.

Ini dia 5 hal kecil yang bisa menyebabkan sakit kepala.

(Baca juga: Makanan yang Ampuh Redakan Pusing dan Sakit Kepala)

Blue Light

Pasti kita pernah merasakan sakit kepala setelah seharian melihat layar laptop atau hp. Ini disebabkan oleh blue light yang diproduksi layar gadget. Sindrom Penglihatan Komputer atau Computer Vision Syndrome terjadi akibat terpaku pada layar gadget terlalu lama. Efek jangka panjangnya bisa menyebabkan pandangan yang buram, sakit kepala, bahkan nyeri di leher dan pundak.

Untuk menghindari ini, sebisa mungkin  kita pastikan jarak antara mata dan gadge enggak terlalu dekat, atau memberi jeda untuk istirahat sejenak agar pandangan kita tidak tegang.

Dehidrasi

Apa kita sudah cukup minum air setiap harinya? Rata-rata setiap orang butuh minum 2,5 liter air per hari, atau disesuaikan dengan berat badan dan aktifitas. Sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum. Sayangnya masih banyak yang belum tahu akan hal ini.

Dehidrasi bukan masalah kesehatan yang sulit untuk diatasi, kok. Kalau kepala terasa sakit coba minum air secukupnya sebelum mengambil langkah lain seperti minum obat sakit kepala.

(Baca juga: Berapa Banyak Air yang Seharusnya Kita Minum dalam Sehari?)

Menstruasi