Kalau Dalam Hubungan Pacaran Menemukan 7 Tanda Ini, Berarti Sebaiknya Putus Saja

By Andien Rahajeng, Selasa, 17 April 2018 | 06:00 WIB
(Andien Rahajeng)

Faktor penyebab putus untuk setiap orang tentu saja berbeda. Kita pasti mengalami suka duka selama menjalani hubungan dengan pacar. Kita harus punya komunikasi yang terbuka dan jujur dengan pacar tentang hal-hal yang membuat kita enggak senang selama berpacaran dengannya.

Enggak semua hubungan itu sempurna. Tapi menurut para ahli dalam konseling pasangan, kalau udah melihat tanda-tanda ini, lebih baik kita menyudahi hubungan kita.

Berikut 7 tanda kita dan pacar harus putus menurut expert.

(Baca juga: 5 Alasan yang Mungkin Membuat Kita dan Pacar Putus Saat Lulus Sekolah)

Hanya Satu Pihak yang Usaha

Setiap hubungan memang ada pasang-surutnya. Menurut Dr. Carolina Castanos, spesialis psikologi keluarga dan pasangan, kalau hanya ada satu pihak yang mau berusaha untuk mempertahankan hubungan, kemungkinan besar hubungan itu akan kandas. Berada dalam sebuah hubungan pacaran bukan pekerjaan yang dilakukan sendirian.

Our Love is Conditional

Rasa sayang kita ke pacar, atau sebaliknya, bersyarat. Kita hanya akan menunjukkan kita sayang kalau dia melakukan sesuatu yang bikin kita senang, seperti ngasih hadiah atau ngajak traveling. Tapi di saat pacar enggak ngasih apa-apa, kita enggak sayang sama dia.

“Ini tandanya komunikasi di hubungan kita udah enggak berjalan dengan baik.” Jelas Dr. Gary Brown, relationship expert dari Los Angeles.

“Selingkuh” Secara Emosional

Tertarik sama orang lain saat kita sedang dalam sebuah hubungan memang mungkin terjadi. Masalah sebenarnya adalah bila kita udah menaruh perhatian dan emotional energy berlebih pada orang lain.

Menurut Dr. Brown ini justru bisa jadi lebih parah dari selingkuh secara fisik. Ini artinya secara mental dan emosional kita udah enggak 100% di dalam hubungan dengan pacar.