Ternyata Ini 5 Perbedaan Drama Korea di Stasiun Televisi Berbayar dengan Stasiun TV Publik. Kamu Menyadarinya?

By Indah Permata Sari, Jumat, 20 April 2018 | 09:45 WIB
(Indah Permata Sari)

Girls, kamu menyadari enggak kalau ada beberapa hal yang membedakan antara tayangan drama Korea di channel yang berbayar dengan channel publik.

Channel yang berbayar itu seperti tvN, JTBC, dan OCN. Sedangkan kalau channel publik itu seperti misalnya tiga stasiun besar, seperti KBS, SBS, dan MBC.

Produksinya sih sama-sama drama yang harus menarik bagi publik, tapi ternyata ada 5 perbedaan antara drama Korea channel berbayar dengan channel publik. Kamu menyadarinya?

Kalau durasi di channel publik itu dari dulu normalnya hanya 60 menit saja. Dan justru sekarang lebih singkat lagi beberapa menit. Dan beberapa drama juga kini rutin dibagi dua sesi, yaitu sekitar 30 menit untuk satu sesinya.

Sedangkan drama di channel berbayar, mereka ada yang hanya 60 menit saja, namun banyak drama yang punya durasi lebih dari itu. Ada yang 90 menit bahkan 120 menit! Contohnya drama Reply 1988, di beberapa episode terakhir durasinya adalah 120 menit.

(Baca juga : )

Jumlah episode untuk drama di channel berbayar masih tergolong singkat. Beberapa drama ada yang sampai 20 episode, tapi mereka masih standar di 16 episode. Bahkan untuk channel OCN, masih banyak drama yang hanya berjumlah 12 atau 10 episode.

Tapi untuk drama di channel publik, sudah ada drama mingguan yang episodenya sangat banyak. Bisa puluhan hingga ratusan episode. Untuk drama yang tayang dua kali satu mingu pun juga bisa sampai 30 episode lho. Dan untuk standar jumlah episode drama channel publik adalah 16 episode.

Kalau diperhatikan, dulu itu aktor-aktor di drama channel berbayar biasanya yang belum naik namanya atau aktor pendatang baru. Hal ini karena dulu sebelum drama-drama channel berbayar naik daun, aktor populer masih belum banyak yang main di drama channel berbayar.