Penjelasan Kenapa Kita Sering BAB Saat Sedang Menstruasi

By Indra Pramesti, Selasa, 24 April 2018 | 06:00 WIB
Ini dia alasannya! (Indra Pramesti)

Bagi seorang cewek, kita pasti tahu dan paham banget kalau menstruasi selalu membawa banyak efek samping yang bikin kita ribet sendiri. Salah satunya yang bikin ribet adalah, kita jadi sering ke kamar mandi buat BAB ketika menstruasi.

Kalau kamu sering mengalaminya dan pengin tahu kenapa alasannya, ini dia penjelasan kenapa kita sering BAB saat sedang menstruasi.

(Baca juga: 6 Tanda Sebenarnya Gebetan Malah Naksir Teman Kita Sendiri. Duh!)

Dilansir dari Refinery29, disebutkan bahwa ada dua hormon yang memicu kita untuk sering BAB ketika kita sedang menstruasi, yakni hormon prostaglandin dan progesterone.

Hormon prostaglandin bertugas untuk memicu kontraksi pada rahim, sehinggga menekan dinding rahim untuk meluruh dan akhirnya, darah menstruasi mengalir.

Namun umumnya, hormon ini juga sering lepas ke bagian lambung kita sehingga menimbulkan kontraksi pada daerah tersebut. Akibatnya, kita jadi sering pengin BAB dan mengeluarkan gas.

Sementara itu, hormon progesterone mampu membuat kita mengalami konstipasi alias sulit BAB. Sayangnya di masa mesntruasi jumlah hormon ini menurun drastis, sehingga memicu efek sebaliknya, yaitu diare.

Kesimpulannya, dua hormon tersebut memengaruhi keinginan kita untuk BAB ketika masa-masa menstruasi. Kamu pernah mengalaminya juga? (Refinery29)

(Baca juga: Yang Penting Untuk Cewek Tahu Soal 7 Fakta Tentang Body Dysmorphia)