4 Fakta Mengejutkan Perjuangan Girlband Kpop Setelah Debut. Susah Untuk Sukses & Terpaksa Bubar

By Ifnur Hikmah, Selasa, 15 Mei 2018 | 04:30 WIB
Enggak bikin ribet selama jalan-jalan! (Ifnur Hikmah)

Selama ini kita sering mengikuti perjuangan seorang idol ketika masih jadi trainee. Di masa tersebut, kepastian untuk debut belum ada. Dan ternyata, meski sudah debut, bukan berarti perjuangan mereka selesai.

Setiap tahunnya ada ratusan grup yang debut, tapi ada berapa yang sukses dan dikenal? Jangankan untuk mencapai posisi nomor satu, menjadi dikenal oleh publik saja butuh perjuangan.

Jadi, enggak heran jika banyak grup yang langsung bubar hanya sesaat setelah debut.

Ini dia 4 fakta mengejutkan perjuangan girlband Kpop setelah debut. Susah untuk sukses dan terpaksa bubar.

(Baca juga: 7 interaksi lucu seleb Kpop dan CEO mereka)

300 lebih grup

Saat ini, tercatat ada sekitar 300 girlgroup di Korea yang mencoba untuk terus bertahan, seperti dikutip dari Kpopmap.com yang menyadur dari Channel A.

Sayangnya enggak semuanya memiliki kehidupan yang layak. Banyak yang harus bekerja keras siang dan malam untuk membayar tagihan telepon, bahkan ada juga yang enggak bisa meninggalkan dorm karena enggak punya uang untuk transport, apalagi untuk makan dan hangout sama teman.

Susah muncul di TV

Seperti yang kita tahu, di Korea ada banyak acara TV sebagai tempat idol ini untuk perform. Misalnya acara music show mingguan seperti Inkigayo, Music Bank, Music Core, M Countdown dan lainnya. Belum lagi variety show.

Namun enggak semuanya bisa mendapat kesempatan tampil di sana, terlebih bagi grup baru, belum punya nama, berasal dari agensi kecil, atau tidak punya back up kuat ke dunia entertainment.

Kompetisi untuk mendapatkan spot tampil satu lagu di acara ini ketat banget dan uang berpengaruh. Karena setiap perusahaan enggak ragu untuk membayar agar grup mereka bisa tampil.