Cara Supaya Bisa Makin Beruntung Dalam Hidup Menurut Psikologi

By Indra Pramesti, Selasa, 22 Mei 2018 | 09:00 WIB
Biar selalu beruntung! (Indra Pramesti)

Semesta enggak memberi keberuntungan tanpa sebab tertentu di baliknya, lho, girls. Nah, kalau kamu termasuk yang penasaran pengin tahu gimana caranya supaya kita bisa lebih beruntung di dalam hidup, ilmu psikologi bisa membantu kita buat menjawabnya. Ini dia cara supaya bisa makin beruntung dalam hidup menurut psikologi.

(Baca juga: 5 Alasan Kenapa Introvert Susah Punya Pacar)

Dilansir dari The Telegraph, Professor Richard Wiseman, memaparkan bahwa attitude atau karakter seseorang yang selalu melakukan hal dengan baik dan benar akan lebih mudah dibayar dengan keberuntungan.

Meski terdengar enggak masuk akal dan enggak bisa ditangkap secara logis, nyatanya hal-hal takhayul seperti ini ternyata merupakan survival instinct yang secara terus-menerus membantu manusia dalam peradaban. Demikian dijelaskan oleh New Science.

Profesor Wiseman, dalam penelitiannya mengambil sample dari orang-orang yang menganggap dirinya ‘beruntung’ dan ‘tidak beruntung’. Kedua kelompok ini diteliti skill dan perhatiannya pada hal sekitar.

Menurut Wiseman, seseorang yang menganggap dirinya enggak beruntung cenderung sulit untuk menyadari hal-hal di sekitarnya yang mungkin saja bisa membawa keberuntung. Mereka cenderung ‘berusaha mencari’ tanpa ‘menyadari’. Berbanding terbalik dengan seseorang yang menganggap dirinya beruntung karena dia lebih mudah menyadari hal-hal yang ada di sekelilingnya.

Dari penelitian tersebut, kita bisa belajar bahwa dengan memperhatikan lingkungan dengan seksama, termasuk hal-hal random yang terlihat sepele, ternyata bisa memberi kita keberuntungan.

Wiseman juga menjelaskan bahwa kita enggak boleh meremehkan insting. Karena pada dasarnya tubuh kita memiliki komunikasi alam bawah sadar terhadap suatu hal yang tepat untuk kita. Jadi jangan takut untuk mengikuti insting dan kata hati, ya, girls.