3 Cara Berhenti Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

By Indra Pramesti, Rabu, 30 Mei 2018 | 09:45 WIB
Jangan suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain! (Indra Pramesti)

Sering enggak sih, kita membandingkan kemampuan diri kita dengan orang lain? Merasa kalau kita enggak cukup baik dibandingkan orang tersebut?

Suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain ternyata enggak baik, lho, girls. Terutama karena kebiasaan ini kerap membuat kita jadi kurang percaya diri.

Nah, biar rasa percaya diri kita enggak gampang terkikis, yuk kenali 3 cara berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

(Baca juga: 5 Alasan Kenapa Putus Itu Menyakitkan Secara Emosional!)

Umumnya, kita memandang diri kita kurang dari orang lain karena kita hanya mengetahui standar eksternal orang tersebut. Sementara standar internalnya, kita enggak cukup tahu.

Standar internal adalah suatu hal yang mencakup apa yang ‘penting’ untuk kita miliki. Sementara standar eksternal adalah apa yang kita pikir ‘harus’ kita miliki.

Misalnya kita yang memiliki skill di bidang musik pasti sebaiknya mengutamakan skill bermusik kita. Karena kita merasa itu adalah hal yang penting dan sesuai dengan diri kita. Tapi ketika melihat teman yang jago berolahraga, kita membandingkan diri dengannya dan merasa ‘harus’ kemampuan berolahraga. Padahal tubuh dan skill kita enggak mendukungnya.

Nah, kalau kita sudah memahami apa yang penting dan sesuai untuk diri kita sendiri, kita enggak akan ribet dan berpikir harus memiliki apa yang dimiliki orang lain, girls.

Setiap orang memiliki pendapat masing-masing tentang diri kita. Ada yang berpendapat dengan baik dan memotivasi, ada juga yang hanya asal menkritik tanpa memberi dorongan positif.

Saring pndapat-pendapat tersebut dan pilihlah yang bisa memotivasi kita. Sementara abaikan yang asal mengkritik dan enggak menyukai kita.