7 Cara Natural Buat Mengatasi Perut Kembung. Wajib Dicoba!

By Indra Pramesti, Kamis, 31 Mei 2018 | 07:45 WIB
Biar enggak kembung lagi! (Indra Pramesti)

Sering mengalami perut kembung? Yuk, pelajari 7 cara natural yang bisa kita lakukan buat mengatasi perut kembung yang bikin enggak nyaman ini.

(Baca juga: Wajib Tahu! 5 Tes Medis Yang Harus Kita Lakukan Sebelum Berumur 26 Tahun!)

Mungkin kita bakal merasa terlalu ‘penuh’ untuk minum air putih dengan keadaan peurt kembung. Tapi, menurut trainer dari Thumbtack, Kaitlyn Noble, ini lah cara paling mudah yang bisa kita lakukan buat mengatasi perut kembung.

Singkatnya, dengan menambah cairan dalam tubuh dengan minum air putih, maka kita memberi sinyal pada tubuh bahwa tubuh kita enggak akan berisiko terkena dehidrasi. Alhasil, cairan berlebih yang membuat perut kembung akan keluar dengan sendirinya.

Jika perut kita mulai kembung, sebaiknya kita kurangi konsumsi karbohidrat seperti, pasta, nasi, kue, atau roti untuk sementara waktu. Karbohidrat akan berubah menjadi glycogen di dalam tubuh dan setiap gram glycogen yang disimpan oleh tubuh kita akan mengandung 2,7 gram air. Itulah mengapa, dengan mengurangi konsumsi karbohidrat kita bisa mengurangi risiko perut kembung. Sebaliknya, pilih mengonsumsi sayur-sayuran hijau.

Menurut ahli, meng-eksfoliasi kulit yang basah, ternyata enggak sepenuhnya menghilangkan sel kulit mati. Itu lah sebabnya, dry brushing dianggap sebagai salah satu teknik yang enggak hanya bisa memperbaiki kondisi kulit, tapi juga metabolism dalam tubuh juga.

Dry brushing ternyata mampu menmbantu sirkulasi tubuh, yang akhinya membuat kulit jadi glowing dan pencernaan tubuh semakin membaik. Dry brushing juga bisa memenghilangkan toksin yang menempel pada tubuh.

Waktu yang tepat untuk melakukan dry brushing adalah sebelum mandi. Kita bisa menggunakan sikat khusus kulit dengan melakukan gerakan memutar mulai dari kaki.