Bagaimana Cara Mencukur Rambut Vagina yang Benar? Ini Jawabannya!

By Andien Rahajeng, Kamis, 31 Mei 2018 | 10:20 WIB
. (Andien Rahajeng)

Meski bukan suatu keharusan, banyak orang yang memilih untuk mencukur rambut-rambut di tubuhnya. Untuk bagian tubuh seperti ketiak dan kaki yang mudah dijangkau, mungkin kita udah ahli dalam mencukurnya. Namun untuk daerah vagina yang agak rumit, wajar kalau kita masih bingung. Karena area vagina terbilang sensitive, tentu kita pengin tahu cara mencukur yang benar dan aman. Yuk, intip tips berikut!

(Baca juga:4 Alasan Kenapa Muncul Benjolan Pada Vagina Kita. Cewek Wajib Tahu!)

Pangkas sedikit dengan gunting

Sebelum menggunakan alat cukur, memangkas sedikit rambut di area pubis akan membantu kita. Gunakan gunting kecil yang sudah dibersihkan dengan alkohol dan pangkas rambut 1-2cm saja.

Eksfoliasi

Agar area yang akan dicukur lebih bersih, lakukan ekfoliasi lembut. Gunakan scrub dengan butiran yang enggak terlalu kasar atau handuk kecil yang direndam air hangat. Eksfoliasi akan memudahkan alat cukur memotong lebih dekat ke akar. Jangan pakai scrub yang terlalu kasar ya, girls!

(Baca juga: Buat yang Pengin Mencukur Rambut Vagina, Perhatikan 7 Hal Penting Ini!)

Jangan mencukur saat kulit kering

Salah satu aturan yang harus kita patuhi adalah jangan mencukur saat kulit dalam keadaan kering. Paling tidak basuh dulu dengan air atau gunakan shower cream. Kulit kering yang terkena gesekan pisau cukur sangan berisiko iritasi dan muncul razor burn yang bakalan membuat kita sangat enggak nyaman.

Pakai shaving cream

Mencukur akan lebih mudah dan halus kalau kita menggunakan shaving cream. Gunakan secukupnya dan sebisa mungkin pilih yang enggak mengandung wewangian. Sebagai alternatif, kita juga bisa pakai conditioner rambut sebagai shaving cream.

Cukur