Cemburu Sama Seleb Idolanya Pacar. Wajar Atau Enggak, Sih?

By Indra Pramesti, Kamis, 31 Mei 2018 | 11:15 WIB
Kamu pernah mengalaminya? (Indra Pramesti)

Ada istilah yang menyebut kalau cemburu itu mirip seperti monster bermata hijau yang menyeramkan. Cemburu bisa diartikan sebagai emosi yang buruk dan bisa membuat kita down. Perasaan ini pun bisa menyasar ke siapa saja, misalnya cemburu sama teman cewek si pacar, cemburu sama cewek lain yang dekat sama gebetan, bahkan ada juga kasus cemburu sama seleb idolanya pacar. Nahlo!

Buat kasus yang terakhir, meskipun pacar kita enggak memiliki banyak kesempatan buat ketemu sama idolanya secara langsung, tapi selalu ada sedikit rasa kesal, sedih, bahkan marah pacar mulai membahas soal idolanya di depan kita.

Menanggapi kasus ini, ahli psikologis dan terapis seksual, Holly Wichmond, PhD, menganggap bahwa kasus cemburu seleb idolanya pacar adalah perasaan yang nyata dan 100% valid. Tapi, wajar kah? Yuk, temukan jawabannya berikut.

(Baca juga: 9 Aplikasi Yang Wajib Didownload Supaya Tidur Lebih Tenang dan Nyenyak)

Faktor cemburu sama seleb idolanya pacar kita biasanya muncul karena ada rasa tersaingi yang terlalu berlebihan terhadap si seleb. Keadaan seperti ini bisa semakin parah kalau pacar punya kebiasaan untuk membanding-bandingkan kita dengan seleb idolanya. Sehingga muncul, deh, perasaan enggak terima ketika pacar mulai ngomongin idolanya.

Kasus seperti ini juga pernah dialami sama dua teman kita, lho.

“Aku sering kesal sama pacarku kalau dia udah mulai bangga-banggain idolanya, Gal Gadot, di depanku. Sekarang dia udah enggak terlalu heboh kayak dulu, tapi kalau sesekali ngebahas Gal Gadot lagi, aku masih sering diam-diam cemburu.” – Nayla, 16 tahun, Bandung

“Aku enggak cemburu sama seleb idolanya pacar, sih, tapi pacar yang cemburu sama seleb idolaku. Aku tuh bisa dibilang ngefans berat sama Suga (BTS). Masalahnya, pacar aku enggak suka kalau aku ngefans sama dia. Tiap aku bicarain tentang Suga pasti langsung dipotong dan dimarahin.” – Anggia, 17 tahun, Jakarta

Meski enggak ada yang salah dengan cemburu sama idolanya pacar, pasti dalam hati kita pasti pengin tahu kenapa kita bisa cemburu atau kenapa pacar kita bisa cemburu sama seleb idola kita.

Menurut Dr. Richmond, kebanyakan orang menyukai hingga terobsesi sama seorang seleb (celebrity crushes), hidup dalam dunia fantasinya sendiri. Cara paling mudah untuk keluar dari rasa cemburu itu adalah sadar bahwa imajinasi ini hanya ada di pikiran pacar kita doang, alias enggak nyata.

Mungkin pacar kita sering mengagumi dan memuji seleb idolanya, membangun fantasi dan imajinasi yang sering bikin kita geleng kepala, tapi pada akhirnya, si pacar cuma pengin bersama dengan kita di kehidupan yang sesungguhnya.