7 Aplikasi di Smartphone yang Wajib Di-download untuk Menjaga Kesehatan Mental

By Indra Pramesti, Senin, 4 Juni 2018 | 10:39 WIB
Wajib download, nih! (Indra Pramesti)

Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental ternyata juga sama pentingnya. Stres, depresi dan banyak tekanan emosional karena kegiatan atau bahkan hubungan dengan pacar jangan cuma dibiarin aja.

Yuk download aplikasi di smartphone berikut ini yang bisa membantu kita menjaga kesehatan mental!

(Baca juga: 7 Tips Yang Wajib Diketahui Sama Lulusan SMA!)

PACIFIA

Aplikasi Pacifia menyediakan beberapa terapi perilaku kognitif yang bisa membantu kita mengatur stres dan anxiety yang kita miliki. Kalau kita pengin cara praktis mengatur emosi kita biar kembali stabil, aplikasi ini bisa kita download, girls.

KOKO

Lewat aplikasi ini, kita sebagai user bisa nge-share masalah, perasaan yang sedang kita rasain, pikiran kita terhadap lingkungan sekitar, dan mendapat feedback. Aplikasi ini menggunakan terapi perilaku kognitif dengan teknik yang dinamakan reappraisal. Teknik ini membantu kita untuk memahami pemikiran negatif di dalam kepala kita.

Misalnya kita bisa nge-share pengalaman buruk kita ketika di sekolah, saat bertengkar dengan pacar, dan lain-lain. Kemudian, forumdi dalam aplikasi ini akan memberi kita alternatif cara mengatasi masalah yang sedang kita hadapi sehingga kita enggak gampang berpikiran negatif.

HAPPIFY

Tujuan utama aplikasi ini adalah membuat penggunanya merasa lebih bahagia. Kita dibebaskan untuk memilih kegiatan yang merefleksikan pengaruhnya terhadap diri kita.

Pertama, kita akan menjalani tes untuk mengetahui hal-hal yang bikin kita stres dan apa yang sebenarnya ingin kita capai. Kemudian, aplikasi Happify akan menganjurkan kegiatan yang bisa kita lakukan berdasarkan jawaban tersebut, seperti latihan bersyukur, meditasi, dan memahami tentang jati diri kita.

FLOWY