8 Hal Penting yang Wajib Diingat Buat Kita yang Baru Lulus Kuliah Atau Fresh Graduate

By Indra Pramesti, Selasa, 5 Juni 2018 | 09:00 WIB
(Indra Pramesti)

Lulus dari kuliah setelah menyelesaikan tugas akhir atau skripsi yang butuh perjuangan buat menyelesaikannya pasti bikin kita happy dan lega banget. Tapi hidup kita enggak berhenti sampai di titik ini aja, lho, girls.

Selanjutnya kita bakal dihadapkan sama dunia pekerjaan yang enggak mudah. Biar kita bisa menjalaninya dengan baik, yuk kenali 8 filosofi yang wajib dimiliki sama fresh graduate!

(Baca juga: 7 Aplikasi di Smartphone yang Wajib Di-download untuk Menjaga Kesehatan )

Setelah wisuda, kita enggak diharuskan harus segera punya pekerjaan seperti teman-teman kita lainnya yang udah diterima kerja di sebuah perusahaan, lho. Cepat atau enggaknya kita dalam memiliki pekerjaan setelah lulus kuliah enggak menentukan kesuksesan seseorang dalam hidup.

Rileks dan beri waktu buat diri kita sendiri untuk menentukan apa yang paling pas untuk kita lakukan pasca lulus kuliah.

Jangan terpaku pada title yang kita miliki dan jurusan yang kita pelajari semasa kuliah. Hanya karena kita kuliah di jurusan Psikologi, bukan berarti kita enggak punya kesempatan untuk terjun di pekerjaan lain seperti marketing.

Percaya sama intusisi, coba hal yang baru dan temukan mana saja hal yang kita sukai dan enggak kita sukai. Jangan jadikan pendidikan formal malah membatasi kita buat melakukan banyak hal lain. Karena sebenarnya kita memiliki potensi yang enggak terbatas.

Di masa-masa ini, kita jadi jauh dengan teman dan enggak sedikit yang malah putus hubungan. Sahabat dekat yang kita miliki pun jadi enggak terlalu banyak. Jadi kalau ada rekan satu kerjaan yang ngajakin kita makan bareng, say yes. Terima tawarannya.

Selagi kita beradaptasi sama kerjaan baru, enggak ada salahnya untuk mengiyakan ajakan rekan kerja, lho. Kita jadi bisa membangun hubungan yang baik dengan mereka.