Terlalu Sering Main Handphone? Intip 4 Tips Ini Agar Enggak Ketagihan!

By Andien Rahajeng, Selasa, 5 Juni 2018 | 08:45 WIB
(Andien Rahajeng)

Handphone adalah benda pertama yang kita cari dan pegang saat bangun di pagi hari dan yang terakhir kita lihat sebelum tidur. Siang dan sore harinya kita juga pasti sering ngecek handphone, kan? Baik itu untuk balas chat atau sekadar scrolling media sosial. Lama-lama kita jadi ketagihan dan enggak bisa lepas, bahkan panik banget kalau handphone sampai tertinggal di rumah. 

Menggunakan handphone memang memberikan efek dopamine atau membuat senang. Tapi menurut sebuah studi di tahun 2017 terlalu attached dengan handphone (bahkan saat kita enggak menggunakannya) dapat mengurangi kemampuan memori kita dan kemampuan kita melakukan sesuatu secara keseluruhan. Enggak pengin ini terjadi? Yuk coba 4 tips ini agar enggak ketagihan! 

(Baca juga: 5 Aplikasi Horoskop di Smartphone yang Wajib Download!)

Hapus salah satu aplikasi yang menurut kita paling adiktif, seperti Instagram, Snapchat, atau Twitter. Pasti kita nge-cek aplikasi ini bisa lebih dari 5 kali sehari, kan? Mungkin rasanya akan “menyakitkan”, tapi cara ini bisa memutus siklus ketagihan kita untuk sementara. Tujuannya adalah untuk membuat handphone kita membosankan banget sampai kita enggak pengin sering-sering cek lagi.

Selama handphone ada di tempat yang bisa kita lihat, kita pasti akan terus tergoda untuk lihat update terbaru dari Instagram atau Twitter. Coba jaga jarak, girls. Simpan handphone di dalam tas atau di laci agar kita enggak terpanggil untuk pegang saat belajar, apalagi saat menyetir. Kalau takut terlewat hal penting, atur handphone kita untuk menerima panggilan dari orang-orang penting, seperti orangtua atau bos.

(Baca juga: 6 Tanda Sebenarnya Gebetan Malah Naksir Teman Kita Sendiri. Duh!)

Bukan membuat kita semakin ketagihan main handphone, aplikasi berikut bisa diunduh untuk membantu kita berhenti ngecek handphone, girls. Jadi semacam detoks!

SPACE

Aplikasi yang bisa diunduh gratis di iOS dan Android ini akan membuat kita mengisi kuis tentang berapa sering kita menggunakan handphone dan apa keperluan kita. Setelah itu, kita akan mengatur target detoks handphone dan Space akan membantu kita mencapai target itu.